BOPM Wacana

Mahasiswa FIB Tolak PKKMB Diisi Materi Bela Negara

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Dewi Annisa Putri

Gedung Fakultas Ilmu Budaya tampak depan, Selasa (13/6) | Vanisof Kristin Manalu.

BOPM WACANA | Empat belas himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) menolak kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) diisi materi Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN). Hal ini tidak tepat sebab seharusnya PKKMB bertujuan agar mahasiswa dapat mengenali kampusnya. Demikian disampaikan Ketua HMJ D-3 Ilmu Perpustakaan Riza Akunta Tarigan, Senin (24/7) di FIB.

Pun menurutnya seharusnya kegiatan PKKMB melibatkan mahasiswa senior dan HMJ di setiap fakultas, bukannya aparat kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Ia tak sepakat bila TNI sampai masuk ke lingkungan kampus untuk mengajarkan mengenai PKBN kepada mahasiswa baru. “Ini kan kawasan intelek. Lagian kalau mereka yang isi, jadi mahasiswa di HMJ ini apa kerjaannya nanti? Cuma bisa lihat-lihat ajalah,” ujar Riza.

Ketua Keluarga Besar Sastra Indonesia Rachmad Fadillah Maha juga sepakat menolak konsep penyampaian PKBN dalam PKKMB. Ia melihat ketidakpercayaan pihak universitas terhadap mahasiswa dan HMJ karena ruang keterlibatan himpunan mahasiswa cenderung dibatasi.

Hal ini bisa dilihat dari jumlah delegasi yang diminta menjadi panitia dari setiap jurusan hanya dua orang. Pun ia menyayangkan permintaan delegasi ini dilakukan ketika semua susunan acara sudah ada. “Kesannya seolah-olah delegasi itu hadir nantinya cuma sekedar jadi pesuruh,” ujarnya.

Pun menurutnya setiap mahasiswa punya cara berbeda untuk membela negara sesuai jurusan masing-masing. Misalnya jurusan Sastra Indonesia yang dapat membela negara dengan kata-kata bukan baris berbaris.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian USU Hotma Karo-Karo mengatakan tak dapat berkomentar lebih lanjut mengenai hal ini. Sebab menurutnya konsep PKKMB tahun ini sudah diatur dalam lampiran surat Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 2440/A.A2/TU/2017.

Untuk diketahui, PKBN ini akan diisi oleh TNI, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Badan Narkotika Nasional, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan Kepolisian Daerah Sumatera Utara.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).