BOPM Wacana

Badan Otonom Pers Mahasiswa Wacana

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).

Sebelumnya BOPM Wacana merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Sumatera Utara dengan nama Pers Mahasiswa SUARA USU yang berdiri pada 1 Juli 1995. Namun pada 25 Maret 2019 Rektor USU, Runtung Sitepu memecat seluruh Anggota Pers Mahasiswa SUARA USU karena sebuah cerpen. Kemudian organisasi ini keluar dari UKM dan berubah nama menjadi BOPM Wacana pada 4 Januari 2020.

BOPM Wacana memiliki dua unit bagian, yaitu Redaksi dan Litbang (Penelitian dan Pengembangan). Masing-masing bagian tersebut bekerja sama untuk meningkatkan mutu dari produk yang dihasilkan.

BOPM Wacana mengeluarkan produk pada media online (www.wacana.org). Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, BOPM Wacana ingin pembaca dapat mengakses berita seputar kampus dan kota dengan lebih mudah dan cepat. Salah satunya dengan menggunakan gawai dan mengakses wacana.org.

Kini, BOPM Wacana juga membuka kesempatan bagi seluruh mahasiswa di Indonesia dan civitas academica USU yang ingin menunjukkan karyanya. Mahasiswa dapat mengirimkan tulisan berupa opini, cerpen, dan puisi ke redaksibopm[email protected] dan akan diterbitkan di web wacana.org.

Saat masih bernama SUARA USU, pers mahasiswa ini mempunyai produk cetak, yaitu majalah (Majalah Mahasiswa SUARA USU) hanya terbit hingga edisi 7, dan tabloid (Tabloid Mahasiswa SUARA USU) terbit hingga edisi 109 pada tahun 2016, juga web suarausu.co hingga 2019 yang terbit setiap hari.

KONTAK

Jl Puskesmas Nomor 6 Pasar 4, Padang Bulan Selayang II, Medan, Indonesia 20131
Telp. dan WA: 0895618726587 dan 081360637435
E-mail: [email protected]
www.wacana.org