BOPM Wacana

Teknik Mesin Optimis Dapatkan Akreditasi A

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Amelia Ramadhani

Gedung Departemen Teknik Mesin di Jalan Almamater, Senin (20/11). | Yulien Lovenny Ester G
Gedung Departemen Teknik Mesin di Jalan Almamater, Senin (20/11). | Yulien Lovenny Ester G

BOPM WACANA | Departemen Teknik Mesin optimis akan dapatkan akreditasi A pada 2015 mendatang. Pasalnya semua indikator penilaian dalam akreditasi sudah dipenuhi untuk dapatkan akreditasi A. Hal ini disampaikan Ikhwansyah Isranuri, Kepala Departemen Teknik Mesin, Senin (17/11).

Lebih lanjut dijelaskan Ikhwan, target yang ditetapkan didukung beberapa faktor dan upaya. Salah satu upaya Teknik Mesin yakni meningkatkan kualitas tenaga pengajar.  “Tahun depan semua staf pengajar sudah strata dua semua,” tegasnya. Saat ini masih ada empat orang dosen yang masih strata satu. Namun keempat orang itu sedang menempuh pendidikan gelar masternya. Selain itu kualitas mahasiswa juga sudah memenuhi standar untuk dapat akreditasi A.

Ditambahkan Ikhwan, perkembangan dari jumlah dosen yang melakukan penelitian beberapa tahun terakhir meningkat. Peningkatan ini dikarenakan adanya tim penelitian yang dibagi pihak departemen dan semua dosen harus tergabung. Sebelumnya adanya kelompok penelitian hanya tiga sampai lima orang yang melakukan penelitian tiap tahun. Selain itu kurikulum yang akan jadi bahan penilaian pun sudah setara dengan kurikulum yang digunakan oleh universitas lain yang sudah berakreditasi A.

Max Ivan Manulu, mahasiswa Teknik Mesin 2013 sepakat dengan Ikhwan. Menurutnya sudah selayaknya Teknik Mesin USU dapatkan akreditasi A. Sebab semua peralatan dan fasilitas seperti laboratorium sudah lengkap. “Masa yang swasta sudah banyak yang  A, USU belum,” tuturnya.

Saat ini Teknik Mesin sedang lakukan validasi data dalam draf awal pengajuan reakreditasi.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).