BOPM Wacana

Tokoh Politik Masuk Kampus

Dark Mode | Moda Gelap

USU setahun belakangan didatangi tokoh-tokoh politik. Terakhir, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan. Ia datang untuk berikan kuliah umum bertajuk Memajukan Ekonomi Bangsa Menuju Asean Economic Community pada mahasiswa. Selain menteri perdagangan, Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan juga penah datang untuk berikan kuliah umum Desember lalu. Tidak hanya itu, Oktober lalu, Ketua DPR-RI Marzuki Alie sempat berkunjung ke Biro Rektor untuk isi kuliah umum juga. Apa komentar mahasiswa tentang hal ini?

Happy SinagaHappy Sinaga – Fakultas Pertanian 2011

Siapa saja boleh datang ke kampus, tetapi tergantung tujuan utama dia datang untuk apa. Kalau niatnya baik, apa salahnya? Namun saya kurang setuju dengan kedatangan mereka ke kampus. Jangan terlalu menghasut mahasiswa karena pengaruhnya sangat besar dibanding masyarakat. Jangan jadikan kuliah umum menjadi alibi untuk kepentingan diri sendiri.

 

 

 

 

 

Nomi Marbun – Fakultas Keperawatan 2013

Nomi MarbunSaya sangat setuju, karena mereka tidak hanya sibuk dengan negara saja. Mereka juga menyempatkan datang untuk memberikan pengetahuan mereka pada mahasiswa. Di kuliah umum yang saya hadiri beberapa waktu lalu, hanya ekonomi yang dibahas. Pembicaranya tidak ada menghubungkan aktivitas politiknya dengan kuliah umum yang ia bawakan. Dia menjelaskan bagaimana cara meningkatkan ekonomi di ASEAN dan pemakaian produk dalam negeri.

 

 

 

 

 

Muhammad Kurniawan – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2013

Muhammad KurniawanMateri yang disampaikan tokoh politik tersebut cukup bagus. Tetapi, dibalik materi yang diberikan ada kampanye terselubung untuk mendeklarasikan dirinya sebagai capres. Seharusnya dia datang sebagai menteri perdagangan yang memberikan pendidikan serta mensosialisasikan program pemerintah kepada para mahasiswa. Tetapi, dia juga menyelipkan bahasan tentang kepresidenan dalam bahasa ekonomi.

 

 

 

 

 

Halomoan – Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi 2011

HalomoanKedatangan mereka mungkin akan memberi peluang kerja untuk kita. Serta menjalin kerja sama yang baik dengan pejabat-pejabat negara. Mereka datang dengan niat baik, yaitu memberikan pengarahan pada mahasiswa. Jadi tergantung tujuan mereka ke sini untuk apa.

 

 

 

 

 

 

Citra Anggraini – Fakultas Ekonomi 2012

Citra AnggrainiSelagi apa yang disampaikan bermanfaat, khususnya untuk mahasiswa. Kuliah umum itu disampaikan memang ditujukan untuk mahasiswa. Memang banyak yang tidak setuju dengan tokoh politik datang ke kampus, tapi kembali lagi apa tujuan mereka datang. Semua orang punya kritik masing-masing dan pandangan yang berbeda-beda, jadi menurut saya itu wajar.

 

 

 

 

 

 

Ulil Asmi – Fakultas Pertanian 2012

Ulil AsmiMenurut saya cukup bagus. Kalau bisa lebih banyak lagi tokoh politik yang datang ke kampus kita. Sebab banyak wawasan yang baru yang bakal kita ketahui. Meski banyak yang berbeda pendapat tentang tujuan kedatangannya, kita ambil positifnya saja. Terpenting, yang disampaikan bermanfaat untuk mahasiswa.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).