BOPM Wacana

Tim Horas Kembali Ikuti Shell Eco Marathon 2016

Dark Mode | Moda Gelap
Dua mobil Tim Horas USU, Mesin USU G8 (kiri) dan Mesin Proto G7 (kanan) dipamerkan dalam Horas Week, sebuah pameran untuk perkenalkan mobil Tim Horas, Senin (14/12). Dua mobil ini akan diperlombakan dalam Shell Eco Marathon 2016. | Rati
Dua mobil Tim Horas USU, Mesin USU G8 (kiri) dan Mesin Proto G7 (kanan) dipamerkan dalam Horas Week, sebuah pameran untuk perkenalkan mobil Tim Horas, Senin (14/12). Dua mobil ini akan diperlombakan dalam Shell Eco Marathon 2016. | SUARA USU

Oleh: Amelia Ramadhani

BOPM WACANA – Tim Horas kembali mengikuti Shell Eco Marathon (SEM) 2016 yang diadakan di Manila, Filipina pada tanggal 3-6 Maret 2016. Ini merupakan yang kelima kali Tim Horas mengikuti SEM sejak 2012 lalu. Masih sama dengan tahun lalu, Tim Horas mengikuti dua kelasemen saja. “Urban dan Prototipe,” ujar Himsar Ambarita, Pembimbing Tim Horas, lewat pesan facebook, Rabu (2/3).

Tahun ini, SEM memperlombakan mobil hemat energi rancangan mahasiswa yang ada di seluruh Asia dengan tiga jenis bahan bakar dan dua kelasemen. Berbeda dengan tahun lalu, Tim Horas mengikuti dua kelasemen dengan bahan bakar yang sama, Etanol.

Dijelaskan oleh Himsar, tahun ini Tim Horas juga mengganti bahan chasis dan body mobil. Untuk chasis diganti menjadi Alumunium Aloy dan Serat Karbon untuk body. Pergantian bahan ini membuat mobil menjadi lebih ringan dan konsumsi bahan bakarnya juga semakin sedikit.

Hal ini diamini oleh Manajer Tim Horas, Teguh Iman Widodo. Menurutnya pergantian bahan diharapkan membawa dampak yang lebih baik untuk mobil yang diikutsertakan dalam kompetisi. “Sebenarnya juga salah satu strategi kita,” tambahnya.

Tim Horas menargetkan 150 km/liter etanol untuk kelasemen urban dan 250 km/liter etanol untuk kelasemen prototipe.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).