BOPM Wacana

Targetkan Akreditasi A, Ilmu Komunikasi Kurangi Jumlah Maba

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Dewi Annisa Putri

Fatma Wardy Lubis, Kepala Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU, sedang memberikan penjelasan reakreditasi Departemen Ilmu Komunikasi, Kamis (26/2). Akreditasi Departemen Ilmu Komunikasi FISIP USU akan kadaluwarsa 7 Januari 2016.
Fatma Wardy Lubis, Kepala Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU sedang menjelaskan reakreditasi Departemen Ilmu Komunikasi, Kamis (26/2). Akreditasi Ilmu Komunikasi akan kadaluwarsa 7 Januari 2016. | Ananda Fakhreza Lubis

BOPM WACANA Tahun ini Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) akan turunkan daya tampung mahasiswa baru dari 203 menjadi sekitar 120 mahasiswa. Penurunan tersebut untuk meningkatkan akreditasi Ilmu Komunikasi dari B menjadi A di tahun depan. Hal ini disampaikan Kepala Departemen Ilmu Komunikasi Fatma Wardy Lubis. “Kita sudah bicara kualitas, tidak lagi kuantitas,” kata Fatma, Kamis (26/2).

Fatma jelaskan dengan menurunkan jumlah mahasiswa baru maka perbandingan jumlah dosen dan mahasiswa akan stabil, yakni 21 dosen mengajar sejumlah enam ratus mahasiswa ilmu komunikasi. “Semakin sedikit yang kita terima maka rasio dosen dan mahasiswa semakin ideal,” ujarnya.

Sehingga, proses belajar dan mengajar menjadi efektif dan kualitas mahasiswa makin bagus. Fatma bilang peningkatan kualitas mahasiswa merupakan salah satu cara untuk menaikkan akreditasi.

Sebelumnya, penerimaan mahasiswa selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tahun lalu mahasiswa dibagi menjadi tiga kelas. Jumlah tersebut memang tidak ideal terkait jumlah dosen di Departemen Ilmu Komunikasi yang sedikit.

Gebyar Kembang Fajar, Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2013 sepakat dengan keputusan tersebut. Menurutnya dengan begitu bisa meningkatkan kualitas mahasiswa dan mencapai akreditasi A. “Bagus, jadi mahasiswa enggak cuma ramai, tapi lebih berkualitas,” ujarnya.

Sistem penerimaan dengan jumlah tersebut tetap akan dibagi melalui tiga jalur seperti sebelumnya. Tiga jalur tersebut yaitu lima puluh persen dari jalur undangan, tiga puluh persen dari jalur ujian masuk bersama, dan dua puluh persen dari jalur ujian mandiri.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).