BOPM Wacana

Kenali Sistem Kerja, Sastra Jepang Lakukan Kunjungan Studi

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Santi Herlina

Sumber Istimewa
Sumber Istimewa

BOPM WACANA | Departemen Sastra Jepang akan melakukan kunjungan studi ke Geonisin dan Tomoe Valve Batam, salah satu perusahaan Jepang di Batam. Tujuannya untuk kenali sistem kerja perusahaan Jepang. “Rencananya akhir Maret nanti akan berangkat,“ terang Eman Kusdiyana, Ketua Departemen Sastra Jepang, Senin (23/2).

Selain itu, Eman bilang kegiatan ini untuk persiapkan mahasiswa agar memenuhi kriteria bekerja sesuai kebutuhan perusahaan. “Kalau sudah tahu, kita akan perbaiki kurikulum sesuai yang dibutuhkan,” ujarnya

Ia menambahkan, hingga saat ini baru sembilan mahasiswa yang mendaftar. Eman bilang tak ada keharusan untuk siapa saja yang ingin ikut, “Karena enggak diwajibkan, makanya yang daftar baru sedikit,” ucap Eman.

Resti Amalia Mulawarman, Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya 2012 menyambut positif kegiatan ini, sebab akan bantu mahasiswa kenali dunia kerja. ”Melatih bahasa Jepang kita juga,” ujarnya. Namun Resti belum bisa pastikan bisa datang lantaran sudah ada kegiatan yang lebih dulu disiapkan. ”Tapi kalau bisa disempatkan,” pungkasnya.

Ditambahkan Resti, biaya keberangkatan sebesar Rp1,9 juta sudah sebanding dengan apa yang didapatkan saat kunjungan. “Kunjungan ke Batam dengan biaya segitu sudah pas,” katanya.

Sampai saat ini, Eman bilang pihaknya masih mengurus akomodasi dan tunggu mahasiswa yang berminat ikut minimal dua puluh orang. “Kalau dari perusahaannya sudah aman, tinggal menunggu kedatangan kita saja,” tutupnya. Kunjungan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).