BOPM Wacana

Liga Basket USU Masuki Tahun Kelima Belas

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Dewi Annisa Putri

Adli Reynaldo A Ginting, Ketua Pantia Liga Basket USU 2017 menjelaskan jalannya pertandingan liga basket selama ini, Jumat (14/7). | Krismon Duha

BOPM WACANA | Liga basket USU tahun ini merupakan yang kelima belas sejak diadakan pertama kali pada 2002. “Setiap tahun rutin diadakan. Tujuannya selalu sama, mempererat silaturahmi pemain basket antarfakultas,” ujar Adli Reynaldo A Ginting, Ketua Pantia Liga Basket USU 2017, Jumat (14/7) di Cikal USU.

Adli menyebutkan Liga Basket USU 2017 kini sedang berlangsung sejak 24 Maret lalu hingga 30 September mendatang. Liga ini diikuti oleh sebelas tim dari sepuluh fakultas di USU dan satu tim dari Politeknik Negeri Medan (Polmed). Polmed mengikuti liga ini sejak tahun pertama sehingga meski telah berpisah dari USU, Polmed masih berpartisipasi setiap tahunnya.

Sementara sepuluh tim lainnya dari Fakultas Psikologi (FPsi), Kedokteran, Ekonomi dan Bisnis, Pertanian, Hukum, Ilmu Budaya, Teknik, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat, serta Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Adli mengatakan lima fakultas yang tidak ikut dalam liga ini tidak mendaftar. Di antaranya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Keperawatan, Farmasi, dan Kehutanan.

Ia menjelaskan sistem pertandingan kali ini adalah sistem kompetisi di mana penilaian ditetapkan berdasarkan jumlah poin yang didapat tim. Tim yang menang mendapat dua poin dan yang kalah satu poin. Pemenang merupakan tim yang mendapat nilai terbesar nantinya.

Farouq Nasution, anggota tim basket FPsi mengatakan liga tahun ini mengalami peningkatan dari segi wasit yang berasal dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia sehingga menambah kualitas liga. Namun menurutnya tim yang berpartisipasi tak seramai tahun lalu yaitu tiga belas tim. “Tapi tetap menarik dan kompetitif. Banyak pemain baru yang bagus di setiap fakultas,” ujarnya.

Ia berharap liga tahun ini bisa menjadi ajang untuk membentuk tim terbaik USU menjelang bertanding dalam Indonesia, Malaysia, Thailand, Growth Triangle. “Kemudian harapannya juga libas tahun ini bisa menarik minat mahasiswa untuk suka dengan basket. Terutama untuk fakultas kami,” pungkasnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).