BOPM Wacana

Sosialisasi Pemira USU di Mata Mahasiswa

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Tantry Ika Adriati

Tanggal Pemilihan Umum Raya (Pemira) USU sudah ditetapkan. 14 Mei.Sebentar lagi menjelang pesta demokrasi USU. Namun berita tentang pesta ini belum terdengar ke seluruh rakyat USU. Bagaimana pendapat mahasiswa, sudahkah mengetahui waktu ini? Sudah optimalkah sosialisasi Pemira USU di mata mahasiswa?

Risya Oktari A – Fakultas Psikologi 2013

Risya Oktari AAku tahu akan diadakan Pemira USU. Tapi waktunya enggak tahu. Pernah lihat di majalah dinding fakultas. Sosialisasi mengenai Pemira USU kurang terbuka. Sebab tidak semua mahasiswa mengetahui Pemira USU ini. Mungkin hanya yang berhubungan dengan KPU saja yang tahu. Pun mahasiswa belum tahu jelas mengenai Pemira USU ini. Seharusnya KPU USU lebih dulu memberitahu seluk beluk pemira, baru setelah itu lakukan sosialisasi calon presidennya. Kalau bisa berkoordinasi dengan pema per fakultas.

 

 

 

 

 

 

 

Kevin Raymond – Fakultas Kedokteran 2011

Kevin RaymondAku tidak tahu akan diadakan Pemira USU. Sosialisasi Pemira USU ini sangat kurang di Fakultas Kedokteran.  Bisa dibilang tidak ada. Seharusnya KPU USU lebih giat lagi menyosialisasikan Pemira USU kepada mahasiswa. Terutama kepada mahasiswa yang sebagian besar menghabiskan waktunya di kelas dan laboratorium ini. Lebih baik datang ke setiap kelas untuk adakan sosialisasi mengenai Pemira USU ini. Lebih aktif lagi menghadapi mahasiswa yang pasif di USU.

 

 

 

 

 

 

Debora Arista Purba – Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2012

Debora Arista PurbaSaya tahu akan diadakan Pemira USU dari spanduk. Tapi enggak tahu kapan waktunya. Kalau hanya ditempel selebaran di majalah dinding dan di spanduk itu namanya pengumuman, bukan sosialisasi. Kalau sosialisasi seharusnya tim KPU USU menyampaikan langsung kepada mahasiswa.  Sosialisasi itu banyak jenisnya. Salah satunya berkoordinasi dengan ikatan mahasiswa di setiap fakultas.  Lalu ikatan mahasiswa itu yang berhubungan langsung dengan mahasiswanya.  Atau dari mulut ke mulut, menurut Debo itu sudah termasuk ke dalam salah satu sosialisasi.

 

 

 

 

 

 

Ulfa Juwita – Fakultas Keperawatan 2010

Ulfa JuwitaSaya tidak tahu akan dilaksanakan Pemira USU. Mungkin karena angkatan akhir jadi kurang up-to date dengan berita kampus. Sosialisasinya sangat kurang. Seharusnya KPU lebih peka dengan kondisi setiap angkatan. Mahasiswa angkatan 2013 tentu saja masih semangat untuk mencari informasi, tetapi yang angkatan 2010 ke atas tidak bisa seluwes itu. Mestinya KPU sosialisasi ke setiap kelas  untuk berikan pengumuman mengenai tanggal pemira ini. Jangan seperti pemira sebelumnya yang sosialisasinya kurang. Saya saja tidak tahu siapa yang saya pilih saat pemira sebelumnya, sebab sosialisasinya belum maksimal.

 

 

 

 

 

 

Agus Wandi – Fakultas Teknik 2013

Agus WandiSaya tahu akan ada Pemira USU. Sejauh ini sudah bagus sosialisasinya. Begitu juga di media sosial. Sudah banyak mahasiswa yang tanggap dengan Pemira USU ini. Lebih digencarkan lagi saja sosialisasinya. Untuk mahasiswa jangan terlalu berlebihan tanggapi Pemira USU ini, apalagi sampai bentrok antar KAM. Lebih digiatkan sosialisai calon-calonnya agar tidak mengecewakan di kemudian hari. Dengan begitu mahasiswa bisa bijak dalam memilih presidennya.

 

 

 

 

 

 

Bambang Sukron Wibowo –  Fakultas Pertanian 2011

Bambang Sukron WibowoSaya tahu akan diadakannya Pemira USU, tapi tahu dari organisasi lain. Pengumumannya memang juga banyak. Pas pelantikan Pema FP juga dibilang oleh presiden FP untuk memilih saat pemira. Sosialisasi dari KAM sudah bagus, tetapi kalau dari KPU masih kurang. Bisa dibilang kurang menampakkan diri. Karena yang tahu itu kebanyakan mahasiswa dari organisasi tertentu, mahasiswa yang tidak memasuki organisasi tidak tahu. Ada baiknya lebih disosialisasikan di majalah dinding setiap fakultas, sebab tidak semua mahasiswa aktif di media sosial. Selebarannya dibuat semenarik mungkin, agar mahasiswa tertarik untuk melihatnya. Di dalam selebaran itu dibuat saja tanggal dan calon dari KAM-nya, biar lebih jelas.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).