BOPM Wacana

Seminar IMT-GT, USU Tawarkan Konsep Apartemen Ramah Lingkungan

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Aulia Adam

Agung Pratama Sinulingga, salah satu anggota tim seminar USU mempresentasikan makalah timnya, di ruang IMT-GT, Biro Rektorat USU, Sabtu (23/8). | Aulia Adam
Agung Pratama Sinulingga, salah satu anggota tim seminar USU mempresentasikan makalah timnya, di ruang IMT-GT, Biro Rektorat USU, Sabtu (23/8). | Aulia Adam

BOPM WACANA | Tim dari USU tawarkan ‘Konsep Hijau’ untuk atasi masalah lingkungan tiga negara. Salah satu poin penting dalam konsep tersebut adalah apartemen ramah lingkungan. Konsep ini diharapkan dapat atasi permasalahan terbatasnya lahan untuk dirikan rumah di kawasan tiga negara bahkan dunia.

Menurut Agung Pratama Sinulingga, salah satu anggota tim seminar dari USU, apartemen yang mereka maksud harus memiliki sumur penyaringan. Sumur ini berguna untuk menyaring air hujan menjadi air layak minum. “Mudah membuatnya. Sumur yang kami desain ini juga tidak berbiaya besar,” ujar Agung dalam bahasa Inggris saat presentasikan makalah mereka.

Namun Khairul Syazwani Binti Mohammad Shalfiee peserta dari Universiti Teknologi Mara, Malaysia menganggap sukar penerapan sumur filter pada gedung apartemen. “Mungkin perlu banyak sumur dan susah menjangkau seluruh apartemen,” ungkapnya dalam bahasa Inggris.

Menanggapi hal tersebut, Agung menjawab kekhawatiran Syazwani. Menurutnya sumur yang digagas timnya telah didesain sedemikian rupa, sehingga dapat mengaliri seluruh apartemen.

Selain pengadaan sumur filter, tim USU yang terdiri dari tiga orang juga mendesain apartemen yang bisa dimanfaatkan untuk tanam tumbuhan hias di ruang tamu. Serta tempat sampah yang bisa dipakai sebagai tempat pembuatan kompos di dapur.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).