BOPM Wacana

Prof Runtung: Hadapi MEA, Mahasiswa Harus Tingkatkan Bahasa Inggris

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Rizky Adrian

Prof. Runtung Sitepu berbincang terkait MEA dengan Plt Gubernur Sumatera Utara di depan Gelanggang Mahasiswa usai Seminar MEA, Senin (3/5). | Rizki Adrian
Prof Runtung Sitepu berbincang terkait MEA dengan Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi di depan Gelanggang Mahasiswa usai Seminar MEA, Senin (3/5). | Rizky Adrian

BOPM WACANA | Rektor USU Prof Runtung Sitepu mengatakan dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), mahasiswa harus dapat meningkatkan kualitas berbahasa Inggris. Hal ini bertujuan agar mahasiswa memiliki daya saing yang tinggi di tingkat nasional maupun internasional. “Kita tingkatkan kualitas mahasiswa dengan bahasa, harus dipoles dengan bahasa Inggris,” ujarnya di Gelanggang Mahasiswa, Senin (2/5).

Prof Runtung mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut, ia berencana untuk meningkatkan pelajaran bahasa Inggris di semua program studi. Selain ada mata kuliah bahasa Inggris, juga akan ditambahkan kelas kursus bahasa Inggris untuk mahasiswa. “Akan ditambah les kursus di luar jam akademik,” jelasnya.

Siti Nurhanizah Nasution, Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat 2015 mendukung hal tersebut. Menurutnya mahasiswa memang harus meningkatkan kualitas dan kreativitasnya dalam menghadapi MEA. “Dengan meningkatkan bahasa Inggris, tentu akan membuat mahasiswa dapat bersaing,” ujarnya.

Ditambahkan Prof Runtung, selain meningkatkan kualitas berbahasa Inggris, mahasiswa juga dapat menciptakan peluang sendiri melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang juga berpengaruh terhadap MEA. Pun ia juga berencana meningkatkan anggaran untuk UKM di USU tahun depan.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).