BOPM Wacana

Jabbar Ali Panggabean Terpilih Jadi Mawapres USU 2016

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Ika Putri Agustini Saragih

Jabar Ali Panggabean saat di temui di Fasilkon-TI Jumat (29/4). | Vanisof Kristin Manalu
Jabar Ali Panggabean saat di temui di Fasilkon-TI Jumat (29/4). | Vanisof Kristin Manalu

USU, wacana.org/arsip — Mahasiswa berprestasi (Mawapres) Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Jabbar Ali Panggabean terpilih menjadi Mawapres USU 2016. Jabbar unggul dengan masing-masing mendapatkan nilai 100 pada makalah dan persentase hingga berhasil mengungguli ketiga belas mawapres dari fakultas lain. Demikian disampaikan Ketua Dewan Juri Pemilihan Mawapres USU 2015 Agus Salim Harahap, Senin (2/5).

Menurut keterangan Agus, ada empat aspek yang jadi keunggulan Jabbar. Di antaranya penulisan makalah ilmiah yang bagus, kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, persentase yang baik, dan sertifikat prestasi meliputi regional, nasional, dan internasional. “Ia juga menguasai bidang keilmuannya,” terang Agus. Selain itu, ide makalah Jabbar yang bertajuk aplikasi android, RAON-RAON bermanfaat bagi banyak orang.

RAON-RAON sendiri dicanangkan menjadi aplikasi pariwisata dengan model mirip sosial media. “Penggunanya bisa me-review tempat yang dikunjungi dan pengguna lain bisa ikut berkomentar,” kata Jabbar. Menanggapi kemenangannya, Jabbar mengatakan ia optimis sejak awal. Menurutnya, konsep yang ia bawakan baru pertama kali ada di Indonesia. Pun, ia melihat peluang yang besar dari sektor pariwisata daerah dengan digunakannya aplikasi ini.

Jabbar optimis membawa makalahnya untuk berlaga di seleksi mawapres tingkat nasional Juni mendatang. Jabbar bilang ada satu ‘fasilitas’ dalam aplikasi ini yang baru pertama kali ada di dunia. “Masih rahasia. Doakan saja,” ungkapnya.

Adapun posisi kedua diduduki Mawapres Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Rika Mayasari Harahap dan posisi ketiga diduduki Mawapres Fakultas Kesehatan Masyarakat Muhammad Rizal.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).