BOPM Wacana

Peringati HTTS, Ratusan Mahasiswa FKM Lakukan Aksi Damai

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Maria Patricia Sidabutar

Ratusan relawan dari FKM berkumpul di depan Auditorium FKM menjelang aksi damai peringatan HTTS, Rabu (1/6). | Maria Patricia Sidabutar
Ratusan relawan dari FKM berkumpul di depan Auditorium FKM menjelang aksi damai peringatan HTTS, Rabu (1/6). | Maria Patricia Sidabutar

BOPM WACANA Ratusan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) USU melakukan aksi damai bertema Ayo Mewujudkan USU KTR Bebas Asap Rokok Segera (AMUKBARA) pada Rabu, 1 Juni. Aksi ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) pada tanggal 30 Mei lalu. “Untuk menyuluhkan dampak negatif rokok kepada mahasiswa,” ujar Gia Surbakti, Ketua Panitia HTTS 2016 di Sanggar FKM, Rabu (1/6).

Gia menjelaskan, ratusan mahasiswa tersebut melakukan aksi damai dengan mendatangi lima belas fakultas di USU. Di setiap fakultas, gubernur fakultas, serta dekan atau dosen menyampaikan kata sambutannya. Kemudian ketua panitia HTTS dan orator menyampaikan maksud dan tujuannya serta berorasi mengenai bahaya merokok. Setelah itu, mahasiswa serta dosen diajak mengisi petisi untuk menuntut penerbitan Surat Keterangan (SK) Rektor tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di USU. Terakhir, panitia memberikan buku dan selebaran tentang bahaya merokok kepada perwakilan fakultas.

Menanggapi hal ini, Gubernur Fakultas Farmasi Rivaldo Perdana Putra menyatakan sangat mendukung aksi ini sebab di FF sendiri sudah dibudayakan untuk tidak merokok. Ia berharap acara ini bisa berdampak bagi mahasiswa dan rektor segera mengeluarkan SK KTR USU. “Aksi ini sangat bagus untuk agar USU bebas dari asap rokok sebab itu tak baik buat kesehatan,” ujarnya.

Selanjutnya, Gia menambahkan, mahasiswa bergerak ke Gedung Biro Rektor untuk menyerahkan petisi yang berisi lebih dari dua ribu tanda tangan. Peringatan HTTS ini merupakan kegiatan yang diperingati setiap tahunnya.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).