BOPM Wacana

Pemkab Karo Bangun 69 Hunian Tetap Korban Sinabung

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Tantry Ika Adriati

Subur Tambun
Subur Tambun, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karo jelaskan perihal pembangunan hunian tetap korban Sinabung di ruang kerjanya, Jumat (17/4). HIngga saat ini, beberapa warga Desa Simacem dan Bakerah masih mengungsi dan menetap di Yayasan Universitas Karo I. | Wenty Tambunan

Kabanjahe, wacana.org/arsip — Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karo Subur Tambun bilang saat ini pihaknya sedang bangun 69 unit rumah untuk warga Desa Bakerah di Siosar, Kecamatan Merek. Pembangunan ini adalah kali kedua setelah Januari lalu rampung lima puluh unit rumah. “Kita masih dalam tahap pembangunan tahap I,” ujar Subur Tambun, Jumat (17/4).

Hunian tetap sebanyak 69 rumah dan 50 rumah ini nantinya akan ditempati 112 kepala keluarga dari Desa Bakerah. Sementara dua desa lainnya yakni Simacem dan Sukameriah akan dipindahkan setelah 258 rumah lainnya selesai. Ada sejumlah 370 hunian tetap yang akan dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo.

Subur berujar selain rumah seluas 3 x 3 meter, warga dari ketiga desa tersebut juga dapatkan lahan bertani seluas setengah hektare per kepala keluarga. Saat ini pemkab masih memperbaiki lahan agar bisa digunakan oleh warga korban Sinabung.

Menanggapi hal ini, Masrita Boru Pelawi, warga Desa Simacem yang menetap di pengungsian Yayasan Universitas Karo I berharap pembangunan tersebut segera diselesaikan. Sebab ia menunggu pembangunan selanjutnya untuk relokasi warga Desa Simacem. “Rumahnya kan masih untuk warga Desa Bakerah,” tuturnya.

Subur jelaskan saat ini pembangunan 69 unit rumah ini masih dalam proses. Ia targetkan Juli ini pembangunan tersebut selesai dan dilanjutkan pembangunan 258 rumah lainnya. Pun, ia bilang Desa Simacem adalah desa yang terakhir direlokasi. Ia harap warga tetap bersabar agar akhir tahun nanti seluruh warga dari ketiga desa bisa segera pindah.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).