BOPM Wacana

Pemira, Fahutan Bentuk KAM baru

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Vanisof Kristin Manalu

Hamdu Afandi Rambe, Ketua Komisi Pemilihan Umum Fakultas Kehutanan menceritakan proses penjaringan Kelompok Aspirasi Mahasiswa dan Calon Presiden Mahasiswa di Fakultas Kehutanan, Rabu (30/11). | Adinda Zahra Noviyanti

BOPM WACANA Fakultas Kehutanan (Fahutan) bentuk dua Kelompok Aspirasi Mahasiswa (KAM) baru untuk pemilihan umum raya (pemira). KAM Sylva yang artinya diambil dari bahasa Latin berarti hutan dan KAM Garimtek yaitu akronim dari Garda Rimbawan Intelektual. KAM ini sengaja dibentuk sebab Fahutan merupakan fakultas baru dan mahasiswa ingin pemira perdana ini diisi oleh mahasiswa Fahutan sendiri. “Mahasiswa Fahutan memiliki kemampuan untuk membentuk KAM dan hal ini juga didukung oleh pihak dekanat,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fahutan Hamdu Afandi Rambe, Rabu (30/11) di Fahutan.

Hamdu menjelaskan KAM dibentuk dan dinyatakan lolos ikut pemira oleh KPU dengan memenuhi syarat yang diajukan seperti memiliki anggota minimal lima puluh orang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa, serta memiliki struktur kepengurusan dan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga. KAM Sylva diketuai oleh Abdu R Asfi Ritonga dan KAM Garimtek diketuai oleh Jarian Permana. KAM dinyatakan lolos oleh KPU pada 11 November lalu.

Abdu R Asfi Ritonga, Ketua KAM Sylva menanggapi baik hal ini. Ia mengatakan bahwa pemira Fahutan ini adalah yang dinanti-nanti oleh mahasiswa Fahutan. “Ini perdana dan kami akan buat dari awal lagi,” ungkapnya. Anggotanya sendiri sudah mecukupi. Walaupun awalnya banyak mahasiswa yang bertanya tentang KAM, pemira dan sebagainya namun mereka dapat menjelaskan dengan baik.

Untuk sosialisasi pembentukan KAM, Abdu mengatakan hanya dilakukan secara personal kepada mahasiswa karena menurutnya lebih efektif. Ia berharap ke depannya ia dapat bekerja sama dengan anggotanya untuk membuat perubahan Fahutan lebih baik lagi.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).