BOPM Wacana

Mebel Belum Lengkap, Laboratorium FMIPA Sudah Beroperasi

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Yulien Lovenny Ester G

logo fmipa
Sumber Istimewa

USU, suarausu. co — Laboratorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang selesai direnovasi Desember  lalu sudah dioperasikan semester ini. Namun, hingga sekarang laboratorium hanya berisi 25 kursi dan sebelas meja dosen, sedangkan mebel seperti meja dan bangku praktikan serta peralatan laboratorium belum ada. Hal ini disampaikan Nursahara Pasaribu, Ketua Departemen Biologi, Rabu (4/3).

Nursahara bilang laboratorium hanya bisa dioperasikan bagi pratikan yang tidak menggunakan mikroskop atau alat praktikum lainnya. Misalnya mahasiswa yang memakai ruangan laboratorium untuk berdiskusi tentang percobaan atau penelitian.  “Sudah dioperasikan, tapi belum bisa kerja. Belum ada bangku, belum ada apa-apa,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya masih menunggu jawaban proposal pengajuan alat dan mebel praktikan ke fakultas yang diajukan Desember. Pengajuan yang dilakukan seperti penambahan lima puluh kursi praktikan.

Menanggapi hal ini, Pejabat Pembuat Komitmen Penerimaan Negara Bukan Pajak Suhardi bilang proporsal alat dan mebel praktikan sudah diterimanya. Namun, sampai saat ini belum ada anggaran yang turun untuk proses tender. “Kalau ada uang, ada proses pengadaan,” ujarnya.

Suhardi jelaskan setelah dana ada akan dimasukkan ke dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan. Pun, untuk pengadaan alat lab belum dapat dipastikan akan masuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau masuk Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Nursahara bilang jika alat belum lengkap, mahasiswa bisa gunakan laboratorium FMIPA di lantai dua, laboratorium Kultur Jaringan, dan Laboratorium Ilmu Dasar (LIDA) untuk praktikum.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).