BOPM Wacana

Mahasiswa USU Harus Satukan Pandangan

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Fredick Broven Ekayanta Ginting

Suasana Diskusi Eksternal Kedudukan Mahasiswa di MWA oleh Pers Mahasiswa SUARA USU, Selasa (28/4).
Suasana Diskusi Eksternal Kedudukan Mahasiswa di MWA oleh Pers Mahasiswa SUARA USU, Selasa (28/4). Mahasiswa USU harus mampu paparkan pentingnya mahasiswa harus ada di MWA. | Sri Wahyuni Fatmawati P

USU, suarausu.co Prof Budiman Ginting, anggota Majelis Wali Amanat (MWA) USU Periode 2009-2015 berharap mahasiswa USU bisa menyatukan pandangan terkait posisi mahasiswa dalam keanggotaan MWA. Ia berkata jangan ada dikotomi dan perpecahaan di antara sesama mahasiswa. Hal ini disampaikan dalam diskusi mengenai Posisi Mahasiswa dalam MWA USU yang dilaksanakan di Sekretariat Pers Mahasiswa SUARA USU, Selasa (28/4).

Prof Budiman sebut MWA telah mendengar suara mahasiswa terkait posisi mahasiswa dalam MWA. “Saya tahu mahasiswa pertanyakan mengapa mahasiswa tidak dilibatkan,” lanjutnya. Sementara itu di universitas lain yang juga berstatus PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri-Badan Hukum), seperti Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, dan Institut Teknologi Bandung ada perwakilan mahasiswa di MWA.

Ia berharap mahasiswa USU pelajari dahulu bagaimana keterlibatan mahasiswa di perguruan tinggi tersebut. “Kalau perlu studi banding ke sana,” ujarnya. Ia menambahkan mahasiswa harus mampu paparkan apa urgensi dan pentingnya mahasiswa harus berada di MWA.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2012 Pasko Brutus Damanik berpendapat mahasiswa adalah unsur terpenting dalam kampus sehingga sudah seharusnya ada tempat khusus untuk mahasiswa. Selain itu, ketiadaan perwakilan mahasiswa dalam MWA mengakibatkan mahasiswa tak punya posisi tawar yang kuat dalam penentuan kebijakan di kampus. Alasan tersebut sudah sangat jelas menjadi pertimbangan mengapa mahasiswa harus punya posisi di MWA.

Menanggapi hal tersebut, Prof Budiman minta mahasiswa USU rumuskan pandangan tersebut dan berikan hasilnya kepada MWA. “Nanti kami (MWA –red) tindak lanjuti,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).