BOPM Wacana

Mahasiswa Jalur Mandiri Bisa Peroleh Beasiswa KSE

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Rahmad Alfiansyah Sinurat

BOPM WACANA – Mahasiswa USU yang masuk melalui jalur mandiri sekarang bisa memperoleh beasiswa. Hal ini merupakan peraturan baru dari paguyuban Karya Salemba Empat (KSE) bagi penerima beasiswanya. Namun, “Peraturan ini setiap tahun akan berubah sesuai dengan peraturan paguyuban KSE pusat,” kata Reza Pahlevi selaku ketua rekrutmen terbuka KSE 2017, Kamis (19/2).

Reza mengatakan, paguyuban KSE merupakan satu–satunya yang memberi kesempatan bagi mahasiswa jalur mandiri untuk memperoleh beasiswa. Menurutnya, selama ini USU tidak pernah memberi kesempatan beasiswa bagi mahasiswa jalur mandiri. “Padahal belum tentu mahasiswa jalur mandiri itu ekonominya tinggi,” katanya.

Syarat pendaftaran beasiswa KSE bagi mahasiswa jalur mandiri sama dengan jalur reguler. Calon penerima beasiswa harus melengkapi dokumen secara online di website KSE seperti pas foto, foto seluruh badan (latar putih memakai almamater USU), kartu tanda penduduk, kartu tanda mahasiswa, transkrip nilai semester satu hingga sekarang, kartu keluarga, slip gaji orang tua atau wali, tagihan listrik, tagihan air (dua bulan terakhir jika ada), dan surat rekomendasi dari kampus (menyusul setelah dinyatakan lolos seleksi online).

Junrei Barus, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Departeman Administrasi Bisnis 2015 mengatakan ia sudah pernah mendaftar pada tahun 2016 namun gagal pada tahap wawancara. Biasanya, persyaratan dan prosedur pendaftaran beasiswa KSE setiap tahunnya berbeda. Mahasiswa yang diterima di USU melalui jalur reguler ini menyambut baik peraturan baru dari KSE yang ia ketahui dari sosialisasi paguyuban KSE USU di Pendopo FISIP pada 16 Februari lalu. “Semua mahasiswa jadi punya kesempatan mendapat beasiswa,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).