BOPM Wacana

Mahasiswa Diajari Melakukan Perbanyakkan untuk Durian

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Yulien Lovenny Ester Gultom

 

BOPM WACANA | Usai melaksanakan

Stan yang digunakan untuk workshop perbanyakan durian pada acara Seminar Nasional Eksplorasi Durian Unggul Lokal Nusantara "Si Buah Emas Berduri" di halaman Gelanggang Mahasiswa, Sabtu (28/12). Workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi pada peserta tentang cara mendapatkan varietas unggul. | Yulien Lovenny Ester Gultom
Stan yang digunakan untuk workshop perbanyakan durian pada acara Seminar Nasional Eksplorasi Durian Unggul Lokal Nusantara “Si Buah Emas Berduri” di halaman Gelanggang Mahasiswa, Sabtu (28/12). Workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi pada peserta tentang cara mendapatkan varietas unggul. | Yulien Lovenny Ester Gultom.

Sabtu, 28 November 2015 di Gelanggang Mahasiswa, Peserta seminar diajari untuk melakukan sistem perbanyakan tanaman untuk buah durian dalam Workshop bersama Lutfi Bansir, Peneliti dan Penemu ratusan jenis buah. Hal ini disampaikan oleh Gustiyansyah Ilham, Ketua Himadita Nursery Expo 2015.

Gustiyansyah katakan  workshop berguna bagi peserta seminar untuk melakukan perbanyakan tanaman sendiri dan mendapatkan ilmu dari Lutfi. “Apa harus kuliah empat tahun baru bisa?” ujarnya. Gustiyansyah katakan caranya dengan menghubungkan batang atas dan bawah. Batang atas ialah batang durian dari negara lain, sedang batang bawah ialah jenis tanaman durian biasa.

Rifyal Ramadhanu, Mahasiswa Fakultas Pertanian 2013 katakan kegiatan ini sangat bagus. Sebab tak semua mahasiswa tahu bagaimana cara menciptakan tanaman unggul. “Kita lebih banyak gagal, dari pada berhasil,” ujarnya. Ia bilang setelah kegiatan ini setidaknya mahasiswa dapat mempraktikkannya walau hanya dengan dua pohon.

Selain diberitahu bagaimana menghasilkan varietas durian terbaik dan bagaimana cara mengeksplorasi manfaat durian, dalam acara ini juga disampaikan bagaimana memulai usaha dengan menggunakan durian sebagai bahan baku utama.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).