BOPM Wacana

Durian Unggul Lokal Harus Dieksplorasi

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Yulien Lovenny Ester Gultom

 

Zainal Abidin Chaniago (kiri), Lutfi Bansir dan Catur Hermanto menjadi narasumber dan pemateri  dalam Seminar Nasional Eksplorasi Durian Unggul Lokal Nusantara "Si Buah Emas Berduri" di Gelanggang Mahasiswa, Sabtu (28/11). Materi yang disampaikan salah satunya adalah cara mengeksplorasi durian.| Yulien Lovenny Ester Gultom
Zainal Abidin Chaniago (kiri), Lutfi Bansir dan Catur Hermanto menjadi narasumber dan pemateri dalam Seminar Nasional Eksplorasi Durian Unggul Lokal Nusantara “Si Buah Emas Berduri” di Gelanggang Mahasiswa, Sabtu (28/11). Materi yang disampaikan salah satunya adalah cara mengeksplorasi durian.| Yulien Lovenny Ester Gultom

BOPM WACANA | Catur Hermanto, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Balai Penelitian Tanaman Pangan Sumatera Utara katakan durian unggul lokal harus dieksplorasi untuk mendapatkan varietas yang lebih baik, melestarikan durian dan mengikuti selera konsumen yang sering berubah. Hal ini disampaikan pada acara Seminar Nasional Eksplorasi Durian Unggul Lokal Nusantara “Si Buah Emas Berduri” Sabtu, 28 November 2015 di Gelanggang Mahasiswa.

Catur jelaskan ada beberapa cara untuk mengeksplorasi durian, salah satunya mengumpulkan informasi. Caranya pergi ke lokasi in situ, pasar tradisional dan mengadakan kontes atau lomba durian. “Untuk menjaring informasi tentang durian yang ada di masyarakat untuk dikembangkan,” tambahnya.

Mahasiswa Fakultas Pertanian 2012  Anggria Lestami sepakat bahwa durian unggul lokal harus dieksplorasi sebab menurutnya, durian-durian yang berasal dari desa jarang diperkenalkan ke luar agar diketahui masyarakat dan dikembangkan. Ia katakan selain tiga cara itu, mahasiswa juga berperan untuk meneliti mengenai varietas durian untuk membantu proses perkembangannya.

Selain diberitahu bagaimana menghasilkan varietas durian terbaik dan bagaimana cara mengeksplorasi manfaat durian, dalam acara ini juga disampaikan bagaimana memulai usaha dengan menggunakan durian sebagai bahan baku utama.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).