BOPM Wacana

Lima Penemuan Kapsul Waktu di Dunia

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Nurmazaya Hardika Putri

Ilustrasi: Retno Andriani
Ilustrasi: Retno Andriani

Beberapa waktu lalu Indonesia sempat dihebohkan oleh ekspedisi kapsul waktu. Tapi, tahukah Anda ada kapsul waktu berumur ratusan hingga jutaan tahun yang telah ditemukan oleh para peneliti?

Menurut Wikipedia kapsul waktu adalah tempat penyimpanan rahasia bersejarah yang berisi barang atau informasi, biasanya barang atau informasi tersebut akan digunakan sebagai cara berkomunikasi dengan orang-orang di masa depan dan juga untuk membantu para arkeolog, antropolog, dan sejarawan di masa mendatang.

Tidak diketahui pasti siapa pencetus kapsul waktu pertama kali, tapi berdasarkan info dari berbagai sumber saya akan merangkum lima kapsul waktu tertua yang pernah ditemui oleh para peneliti.

1. Kapsul waktu berusia 220 tahun

Dilansir CNN tahun 2014, sebuah kapsul waktu berusia 220 tahun ditemukan di bawah Gedung Dewan Perwakilan Rakyat di Massachusets, Amerika Serikat. Kapsul waktu tersebut berbentuk kotak seberat 4,5 kg yang berisi dua lusin koin, medali perunggu bergambar George Washington, piring perak yang dibuat oleh Revere, dan rekaman serta surat kabar kolonial. Kapsul waktu tersebut ditanam oleh Gubernur Massachusetts Samuel Adams dan pemilik perusahaan bir. Sedangkan Paul Revere adalah seorang pemahat dan pahlawan Perang Revolusi pada tahun 1775.

2. Kapsul waktu berusia 113 tahun

Bulan September di tahun yang sama, ABC News melansir bahwa peneliti dari The Bostonian Society menemukan sebuah data kuno kapsul waktu berbentuk kotak berusia 113 tahun yang diletakkan di dalam kepala patung singa yang terletak di atap bersejarah Old State House, Boston, Amerika Serikat. Keyakinan para peneliti itu didasarkan atas temuan sebuah artikel kuno dari tahun 1901 yang berjudul Lion and Unicorn yang menyebutkan bahwa kapsul waktu baru saja diselesaikan oleh tukang tembaga dan akan diletakkan di kepala singa. Setelah dibuka, ternyata kapsul waktu tersebut berisi sebuah buku dengan hard cover berwarna merah. Tidak disebutkan apa isi dari buku tersebut. Barangkali itu adalah dokumen penting negara dan pejabat pada masa itu.

3. Kapsul Waktu Massachusetts

Bukan itu saja, dilansir Popular Science pada November 2015 lalu, Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan kapsul waktu berasal dari tahun 1957 yang terbuat dari kaca. Ada tulisan “Jangan dibuka sebelum tahun 2957,” yang terletak di bagian dalam kapsul kaca tersebut. Kapsul waktu tersebut ditemukan pada saat bangunan MIT sedang dalam proses renovasi dan berisi buku catatan serta beberapa benda bersejarah tentang teknologi pada masa itu.

4. Danau Vostok

Ternyata kapsul waktu tidak hanya tentang benda-benda kuno yang terbungkus rapi dalam suatu wadah yang telah terkubur selama berpuluh atau beratus tahun. Para ilmuwan Rusia telah menemukan sebuah danau yang telah terkubur selama lima belas juta tahun pada kedalaman 2 kilometer di bawah permukaan es. Peneliti menyebut danau tersebut sebagai kapsul waktu karena selama ini tertutup di balik lapisan tebal es Benua Antartika yang tidak pernah terlihat dan tidak pernah tersentuh oleh tangan manusia.

5. Kapsul Waktu Steve Jobs

Kapsul waktu yang dikubur Steve Jobs pada tahun 1983 ditemukan setelah tiga tahun berlalu yaitu 27 September 2013. Kapsul waktu yang dikubur setelah International Design Conference di Aspen, Colorado tersebut direncanakan akan digali dua puluh tahun kemudian. Namun para peneliti mendapatkan kendala. Lanskap di area penguburan berubah dan tidak tahu letak pastinya hingga penggalian kapsul waktu itu terkendala selama sepuluh tahun. Kapsul waktu berukuran sepanjang tiga meter tersebut berisi mouse komputer produksi Apple pertama, sebuah komputer yang diberi nama Lisa, rubik cube, perekam 8 trek berisi The Moody Blues, majalah vogue edisi Juni 1983, juga enam pak bir Balantine yang boleh diminum oleh para penemu kapsul itu. Penemuan tersebut terjadi setelah tim acara National Geographic Channel, Digger, melakukan penggalian.

Sebenarnya, Anda pun bisa membuat kapsul waktu dengan cara sendiri. Seperti menyimpan benda berharga yang kelak akan bermanfaat untuk anak cucu dalam sebuah wadah, kemudian ditanam di halaman rumah. Atau menuliskan sesuatu lalu dimasukkan ke dalam botol kemudian ditanam. Kelak kapsul waktu itu dapat menjadi nostalgia bagi Anda atau pun anak cucu Anda di masa mendatang.

Akhir tahun 2015 lalu, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kapsul waktu yang merupakan ide dari Presiden Republik Indonsesia ke-7 Joko Widodo. Kapsul waktu itu merupakan rangkaian dari Gerakan Ayo Kerja yang dicanangkan oleh presiden, sekaligus memperingati ulang tahun Indonesia yang ke-70 pada Agustus lalu. Kapsul waktu tersebut bergulir dari Sabang sampai Merauke yang berisikan harapan-harapan bangsa Indonesia yang akan dicapai untuk tujuh puluh tahun ke depan. Itu berarti, kapsul waktu yang disimpan di Monumen Kapsul Waktu di Merauke tersebut akan kembali dibuka pada tahun 2085.

 

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).