BOPM Wacana

Lima Menteri Pema USU yang Di-Reshuffle

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Yulien Lovenny Ester Gultom

Kabinet Sinergis dan Kontributif sudah berjalan hampir setahun. Di pertengahan tahun, tepatnya tanggal 8 Maret Presiden Mahasiswa (Presma) Periode 2014-2015 Brilian Amial Rasyid me-reshuffle sebanyak lima menteri. Alasannya, menteri yang lama fokus menyelesaikan tugas akhir dan fokus pada kegiatan lain. Lalu, siapa saja lima menteri di kabinet Pemerintahan Mahasiswa (Pema) USU dan program kerja (progja) yang dilaksanakan?

1. Menteri Luar Negeri (Rayna Ditriano Bin Wahyudi)

Foto: Yulien Lovenny Ester Gultom

Menteri Luar Negeri (Menlu) Pema USU sebelumnya adalah Abdul Rahman. Abdul di-reshuffle karena selama ini tak aktif jalankan tugasnya di Pema USU. Abdul digantikan Rayna, Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan 2011 yang sebelumnya adalah anggota Deputi Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan. Ia di-reshuffle setelah mendapat mandat dari Presma Brilian Amial Rasyid Maret lalu.

Rayna bilang ia tetap melanjutkan pogja menlu yang lama. Progja tersebut adalah Aliansi BEM se-Sumatera Utara (Sumut). April lalu, aliansi BEM se-Sumut sudah dilaksanakan di Ruang IMT-GT USU. Rayna akan lakukan kegiatan lanjutan, seperti pertemuan kembali BEM se-Sumut, sebab menyatukan BEM se-Sumut butuh proses lama dan diharapkan mahasiswa dapat membahas isu yang bersifat daerah Medan dan sekitarnya.

Selanjutnya, kegiatan yang akan dilakukan menlu ialah kuliah umum. Kegiatan ini bertajuk kerja sama bilateral ekonomi dan negara dengan Konsulat Jenderal di Medan, 12 Mei mendatang. Rencana jangka panjang akan dilaksanakan oleh menlu adalah melakukan studi banding ke universitas-universitas di Thailand dan Malaysia, targetnya tercipta Memorandum of Understanding antarmahasiswa USU dan mahasiswa dari luar negeri. Rayna bilang jika progja studi banding tidak selesai saat masa pemerintahan Brilian, ia berharap progja ini tetap dilanjutkan oleh Pema USU selanjutnya.

2. Menteri Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan (Roland Bijaksono)

Foto: Yulien Lovenny Ester Gultom

Menteri Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan (mendiklitbang) sebelumnya Riki Efendi telah menyelesaikan masa perkuliahan. Riki digantikan oleh Roland Bijaksono, Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan 2010.

Roland bilang pihaknya akan menyelesaikan dua progja hingga Juni mendatang. Progja tersebut  yaitu  Beasiswa Expo dan Gerakan USU Mengajar. Pada kegiatan Beasiswa Expo rencananya mendiklitbang akan mendirikan stand  untuk menyebarkan informasi terkait beasiswa di USU. Nantinya, mahasiswa akan dapatkan informasi beasiswa dan brosur beasiswa.

Target mendiklitbang adalah mahasiswa 2014 dan mahasiswa lainnya yang memenuhi persyaratan pemberi beasiswa. Tujuan lain dari kegiatan ini agar memberi kemudahan informasi kepada mahasiswa yang hendak melanjutkan pendidikan S-2 .

Sementara Gerakan USU mengajar bertujuan melaksanakan tri darma perguruan tinggi pengabdian pada masyarakat, meningkatkan rasa kepedulian antarmahasiswa, dan meningkatkan korelasi dengan masyarakat. Ia berharap dengan kegiatan ini tercipta pemerataan pendidikan dan perbaikan moral. Selain itu agar infrastruktur dan teknik pengajaran dapat diubah ke arah yang lebih baik.

3. Menteri Dalam Negeri (Achmad Fadhlan Yazid) 

Foto: Yulien Lovenny Ester Gultom

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Pema USU sebelumnya, Ichsan Syah Lubis di-reshuffle karena mengundurkan diri dengan alasan fokus menyelesaikan tugas akhir. Saat ini, Fadhlan yang menduduki jabatan mendagri. Fadhlan bilang tugas utama mendagri melakukan koordinasi antar-organisasi mahasiswa, unit kegiatan mahasiswa, dan himpunan mahasiswa departemen. Salah satu program yang mendukung kegiatan ini adalah koordinasi antarmahasiswa di Ruang IMT-GT Maret lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Fadhlan bilang mereka berdiskusi tentang status mahasiswa dalam Majelis Wali Amanat, transparansi dana kemahasiswaan, dan subsidi infrastruktur kemahasiswaan. Koordinasi antarmahasiswa rencananya akan digelar lagi sebelum Juni. Nantinya, koordinasi tersebut akan membahas kelanjutan pembahasan pada pertemuan awal.

Selain itu, Fadhlan bilang kementerian dalam negeri juga akan menjamin terlaksananya pemilihan umum raya (pemira) fakultas dan universitas. Targetnya saat ini adalah pemira di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Ilmu Budaya. Setelah terbentuk pemerintahan mahasiswa di sana, selanjutnya akan dilaksanakan kongres sebagai progja terakhir mendagri.

Fadhlan juga bilang pihaknya sedang menyiapkan pembentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) USU. Saat ini sudah ada tiga belas perwakilan untuk mengisi kursi KPU dari tiap fakultas, kecuali FMIPA. Ia juga menargetkan akan ada pelaksanaan elektronik vote yakni pemilihan dengan sistem komputer, tapi ia bilang ini masih wacana sebab butuh dana yang besar untuk merealisasikannya. Targetnya, USU bisa menggunakan sistem ini pada pemira mendatang.

4. Menteri Komunikasi dan Informasi (Zul Anwar Rambe)

Foto: Yulien Lovenny Ester Gultom

Zul Anwar Rambe adalah Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara 2012 sekaligus menkominfo. Sebelumnya Anwar adalah staf jurnalistik dibawah kementerian Achmad Fadhlan Yazid, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Pema USU sebelumnya.  Ia dimandatkan menjadi menkominfo oleh Presma Brilian Amial Rasyid Maret lalu, Brilian bilang Anwar dipilih sebab Fadhlan telah menjadi mendagri dan yang berhak mengisi jabatan menkominfo adalah staf di kementerian komunikasi dan informasi sebelumnya.

Anwar bilang ia akan menyebarkan informasi mengenai kegiatan dan progja melalui berbagai media. Saat ini, Anwar bilang pema menjalin kerja sama untuk publikasi pemberitaan dengan Pers Reportase Kampus, selain itu Anwar juga memanfaatkan selebaran untuk menyebarkan informasi. Ia bilang dengan cara ini informasi dapat lebih cepat sampai ke mahasiswa. April lalu, Anwar bilang selebaran sudah disebar, dan rencananya selebaran kedua akan disebar melalui pema tiap fakultas, himpunan mahasiswa jurusan, dan ikatan mahasiswa di USU.

Pengaktifkan kembali website Pema USU juga salah satu progja menkominfo. Ini dilakukan untuk mengoptimalkan pemberitaan. Pun, ia berencana untuk mengadakan lomba foto jurnalistik dan seminar hacking website. Ia targetkan progja tersebut terlakasana dua bulan ke depan.

5. Menteri Pengembangan Sumber Daya Manusia (Pelaksana Tugas Aldi Syahputra)

Foto: Yulien Lovenny Ester Gultom

Menteri Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Yudi Irfansyah yang dilantik oleh Presma Brilian Amial Rasyid tahun lalu telah melaksanakan sidang skripsi, sehingga tak berstatus mahasiswa lagi. Namun, jabatan menteri PSDM belum diduduki menteri baru. Saat ini yang ada hanya pelaksana tugas (PLT) menteri PSDM, yakni Aldi Syahputra, Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan Pema USU.

Aldi selaku plt bilang akan adakan kegiatan Nasional Leadership untuk Pema Sekawasan. Tujuannya menciptakan pemimpin yang kreatif dan wadah bagi mahasiswa untuk melatih sikap kepemimpinan. Rencananya, PSDM akan mengundang Kementerian Pemuda dan Olah Raga untuk memberikan pelatihan. Kegiatan ini rencananya akan dilakukan sebelum Pema USU berakhir Juni mendatang. Pun, untuk kegiatan lainnya PSDM akan terus berkoordinasi dengan tiap kementerian.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).