BOPM Wacana

KPU FISIP Siap Antisipasi Kerusuhan pada Pemira

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Audira Ainindya

Empat spanduk kampanye cagub-wagub untuk Pemira FISIP yang dipasang di Gedung D, Minggu (7/12). | Lazuardi Pratama
Empat spanduk kampanye cagub-wagub untuk Pemira FISIP yang dipasang di Gedung D, Minggu (7/12). | Lazuardi Pratama

BOPM WACANA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sudah persiapkan antisipasi kerusuhan Pemira FISIP. Pasalnya, sudah dua kali terjadi kerusuhan di Pemira yang digelar KPU FISIP sebelumnya. Hal ini disampaikan M Fadhlan Nasution, Ketua KPU FISIP, Sabtu (6/12).

Fadhlan menjelaskan KPU FISIP sudah mempersiapkan dua solusi untuk mengantisipasi jika terjadi kerusuhan Pemira FISIP. Yang pertama, pelaksanaan deklarasi damai yang harus dilakukan masing-masing calon gubernur-wakil gubernur sebagai pakta integritas usai debat kandidat yang akan dilaksanakan Senin, 8 Desember nanti. Yang kedua adalah pengamanan kampus yang akan diperketat dengan menambahkan personel Satuan Pengamanan (Satpam) USU.

Pengamanan yang akan dilakukan oleh Satpam USU nantinya akan dilakukan selama dua kali yaitu saat pemungutan suara dan perhitungan suara. “Prioritas keamanan yang paling utama dilakukan saat perhitungan suara,” ujar Fadhlan.

Ia juga berharap dua solusi yang sudah dipersiapkan KPU FISIP mampu berjalan dengan lancar. Dengan keamanan yang diperketat, ia tak ingin adanya pihak luar yang mencoba mengintervensi jalannya Pemira FISIP.

Mahasiswa FISIP 2011 Daniel Hugo Yadi mengapresiasi solusi yang diberikan oleh KPU FISIP. “Semoga solusi dapat benar-benar mengantisipasi kerusuhan,” tutup Hugo.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).