BOPM Wacana

Kadus Berharap Imasep Tak Sekadar Menanam Pohon

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Fredick Broven Ekayanta Ginting

Dosen pembina Imasep, Gubernur FP, perwakilan Imasep, dan perwakilan warga Desa Salam Tani melepas plang tanda dimulainya pengabdian masyarakat di Desa Salam Tani, Sabtu ( 26/8). Kec Pancur Batu. Dalam kegiatan ini, Imasep mengadakan aksi tanam pohon yang mencapai 2400 bibit. | Fredick Broven Ekayanta Ginting
Dosen pembina Imasep, Gubernur FP, perwakilan Imasep, dan perwakilan warga Desa Salam Tani melepas plang tanda dimulainya pengabdian masyarakat di Desa Salam Tani, Sabtu ( 26/8). Kec Pancur Batu. Imasep menanam hampir mencapai 2400 bibit. | Fredick Broven Ekayanta Ginting

Medan, wacana.org/arsip – Kepala Dusun IV Desa Salam Tani R Tarigan berharap kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan Ikatan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (Imasep) tak hanya berhenti pada aksi penanaman pohon saja. Namun perlu diadakan kegiatan-kegiatan selanjutnya untuk mengawasi bibit pohon yang sudah ditanam agar hasilnya benar-benar maksimal. Hal ini disampaikan dalam kegiatan Penanaman 1000 Pohon yang dilakukan oleh Imasep di Desa Salam Tani, Kecamatan Pancur Batu, Sabtu (26/9).

Tarigan menyatakan sudah sering aksi penanaman pohon dilakukan namun kerap tak ada kelanjutannya. Salah satu faktornya akibat masyarakat yang kurang memahami dan memperhatikan bibit pohon yang sudah ada. Ia mencontohkan beberapa tahun lalu ada penghijauan yang dilakukan pemerintah.

“Tapi yang terjadi ibarat pohon tak bertuan. Ada pohon di depan rumah warga tapi tak pernah dirawat,” ujarnya. Oleh karenanya perlu tetap ada edukasi kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan. “Kalau ga serius merawatnya kan percuma,” lanjut Tarigan.

Anry Tulus Sianturi, Gubernur Pemerintahan Mahasiswa Fakultas Pertanian 2014-2015 sepakat dengan ungkapan Tarigan. Ia berharap kegiatan ini akan berhasil dan bermanfaat kepada masyarakat. Menurutnya perlu dibicarakan tindak lanjut kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk menjaganya.

Ketua Panitia Arbi Qirara Purba menyampaikan kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan. “Nanti akan ada tim secar khusus secara bergantian dan rutin mengecek perkembangannya,” ujarnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).