BOPM Wacana

Ilmu Politik Adakan Seminar Internasional Tema Icopol 2017

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Rahmad Alfiansyah Sinurat

BOPM WACANA – Departemen Ilmu Politik mengadakan seminar internasional dengan tema International Conference on Political Sience Development (Icopol) 2017 pada 22 Mei di ruang Senat Akademik, Biro Rektor USU.

Warjio selaku Kepala Departemen Ilmu Politik mengatakan Icopol merupakan naratif sakral dalam warisan nusantara. “Seminar ini adalah bentuk kerja sama antara Departemen Ilmu Politik dengan pusat pengajian ilmu kemanusiaan Universiti Sains Malaysia,” tukasnya, Senin (22/5).

Dalam seminar ini salah satu pemateri dari Malaysia bernama Nack membahas tentang tarian bernama sewang. Nack menjelaskan bahwa tarian sewang adalah jenis tarian yang bertujuan untuk perayaan, memuja semangat, dan perubahan.

Tarian sewang merupakan tradisi yang diamalkan oleh siapapun karena menyebarkan nilai murni bagi siapa pun. Tarian ini tidak ada pantangan bagi pria dan wanita kecuali menjadi kepala upacara dalam bahasa Malaysia-nya “Tok halang, kemudian bahasa digunakan dalam nyayian ialah bahasa nenek moyang,” jawabnya.

Muhammad Yudha Pratama, Ketua Ikatan Mahasiswa Departemen Ilmu Politik mengatakan seminar internasional ini pertama kali diadakan di tahun ini. “Dengan adanya seminar ini menambah wawasan kepada mahasiswa khususnya Ilmu Politik mengenai warisan nusantara serta beberapa kebudayaan dari Malaysia yang telah disampaikan oleh pemateri,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).