BOPM Wacana

Ilkom Prediksi Dapat Akreditasi A

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Guster CP Sihombing Sabtu, 12 Oktober 2013 14:44

Gedung A Pusat Sistem Informasi Fasilkom-TI.| Andika Syahputra.

 

Foto: Andika Syahputra
Foto: Andika Syahputra

USU, wacana.org/arsip — Assessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kembali meninjau kinerja dan progam kerja Ilkom pada 4-6 Oktober lalu. Peninjauan ini dilakukan untuk akreditasi Ilkom periode 2013-2018. “Kita sudah mengikuti semua standar yang ditentukan BAN-PT. Sampai saat ini kita optimis akan mendapatkan akreditasi A,” kata Poltak Sihombing, Ketua Departemen Ilkom Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI).

Ada tujuh standar yang menjadi bahan penilaian assessor. Pertama, visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian. Kedua, tata pamong, kepemimpinan, sistem pengetahuan dan penjaminan mutu. Ketiga, mahasiswa dan lulusan. Keempat, sumber daya manusia. Kelima, kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik. Keenam, pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi. Terakhir, penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Ketujuh standar di atas diuji dengan seratus pertanyaan. Masing-masing pertanyaan memiliki empat poin, sehingga totalnya menjadi 400 poin. Akreditasi A dengan poin 370, B dengan 300-369 poin, C dengan poin dibawah 300. Melalui penilaian yang telah dilakukan assessor, Poltak optimis mendapatkan akreditasi A. Poltak mengaku sebelum assessordari BAN-PT datang menilai, Ilkom telah menguji dengan dosen yang juga assessor. Mempraktikkan layaknya dinilai oleh assessor. Dari praktik itu, Ilkom diberi nilai hampir sempurna. “Nah, setelah kemarin assessor asli (BAN-PT –red) datang, terbukti kita lebih mudah menjalani penilaiannya,” tutur Poltak.

Poltak menambahkan, akreditasi Ilkom yang baru akan diumumkan selambat-lambatnya akhir tahun ini. Setelah rapat pleno BAN-PT di pusat. Kedatangan assessor ini setelah Ilkom mengirimkan pengajuan permohonan reakreditasi pada November 2012 lalu.

Mahasiswa Ilkom 2012, Edo Aditya Chandra sependapat dengan Poltak. Menurutnya, sistem belajar dan sarana prasarana Ilkom sudah memadai dan layak mendapatkan akreditasi A. “Laboratoriumnya sudah lengkap, jadi untuk belajar dan pelayanannya semakain baik sekarang,” pungkasnya.

Sebelumnya, akreditasi B Departemen Ilmu Komputer (Ilkom) telah berakhir pada 23 Mei lalu.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).