BOPM Wacana

HMJ FIB Sepakat KPU FIB Direstrukturisasi

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Vanisof Kristin Manalu

BOPM WACANA | Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di Fakultas Ilmu Budaya sepakat Komisi Pemilihan Umum FIB direstrukturisasi. Hal ini berdasarkan keputusan forum saat audiensi antara HMJ FIB dengan KPU USU, dan KPU FIB, Kamis (4/5).

Restrukturisasi ini dilakukan sebab pemilihan KPU FIB dirasa banyak melakukan ketimpangan. Nampati Kita, Sekretaris Ikatan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan (IMIP – D3) menyampaikan Ketua KPU FIB terpilih telah mengklaim berasal dari delegasi IMIP saat pemilihan ketua KPU FIB. Sementara ia sangat yakin tidak pernah mendelegasikannya.

“Aneh kali. Masa tiap kali ditanya jawabannya beda-beda. Ada yang dari IMIP lah, Impus (Ikatan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan – S1) lah, dan sekarang dari open recruitmen. Enggak jelas,” tambahnya menanggapi forum.

Proses restrukturisasi ini dilakukan dengan HMJ kembali mengirimkan nama-nama delegasi serta berkas pendukung lainnya kepada KPU pusat dimulai Jumat, 5 Mei hingga Senin, 8 Mei. Kemudian KPU USU akan melakukan verifikasi berkas dan kembali melakukan rapat pleno untuk menetapkan struktur baru KPU FIB pada Selasa 9 Mei.

Ketua KPU USU Mahmud Akbar Abidin Damanik sepakat dengan keputusan forum diskusi ini. Ia mengatakan sangat sia-sia kalau melakukan proses pemilihan ulang ketua KPU FIB sebab telah banyak menjalankan timeline pemira FIB.

“Baiknya orang-orang yang ada di KPU FIB ini saja yang direstrukturisasi, ditambah lagi satu lagi nanti delegasi yang dikirim oleh tiap HMJ FIB,” paparnya. Ia berharap KPU FIB dapat segera terbentuk agar proses pemira dapat berjalan dengan lancar.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).