BOPM Wacana

Hercules Jatuh, Poldasu Terima 30 Laporan Keluarga Penumpang

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Rati Handayani

Pelaporan data korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 oleh anggota keluarga ke Posko DVI yang dibuka di RSUP H Adam Malik, Selasa (30/6). Info terakhir total penumpang pesawat berjumlah 113 orang. | Mutia Aisa Rahmi
Pelaporan data korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 oleh anggota keluarga ke Posko DVI yang dibuka di RSUP H Adam Malik, Selasa (30/6). Info terakhir total penumpang pesawat berjumlah 113 orang. | Mutia Aisa Rahmi

BOPM WACANA — Kepala Urusan Medis Kedokteran Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) Riva M Sitinjak mengatakan Tim Ante Mortem Disaster Victim Identification (DVI) Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes) Polda Sumut di Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) H Adam Malik hingga pukul 20:55 WIB tadi telah menerima tiga puluh laporan. Laporan tersebut berasal dari keluarga penumpang pesawat Hercules C-130 milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara yang jatuh siang tadi di Jalan Jamin Ginting, Medan.

Kata Riva, laporan itu antara lain tentang data penumpang dan informasi yang meliputi ciri-ciri fisik penumpang seperti tinggi badan, berat badan hingga warna baju yang dikenakan sebelum keberangkatan.

Riva mengatakan laporan ini diperlukan untuk membantu proses identifikasi korban. Di mana, pihaknya akan rapat dengan Tim Post Mortem DVI Bidokkes Polda sumut yang bertugas mengidentifikasi korban yang telah dibawa dari tempat jatuhnya pesawat ke RSUP H Adam Malik. “Nanti kita sesuaikan, apakah data ante mortem ini match dengan data post mortem. Jika match barulah namanya teridentifikasi,” jelasnya.

Riva mengatakan pihaknya masih akan membuka posko pengaduan ante mortem ini hingga tidak ada lagi masyarakat yang merasa kehilangan anggota keluarganya. “Jika masih ada yang merasa kehilangan anggota keluarga, kita tetap buka,” tambahnya. Pun, hingga proses evakuasi korban dari tempat jatuhnya pesawat ke RSUP H Adam Malik selesai dilakukan.

Hingga berita ini diturunkan, evakuasi korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 masih terus dilakukan. Info terakhir menyebut total penumpang pesawat berjumlah 113 orang. Namun belum ada keterangan resmi yang menyebut jumlah korban yang meninggal dunia.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).