BOPM Wacana

GETUM Akan Dirikan Perpustakaan

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Yulien Lovenny Ester Gultom

Rahmadan Syah Saragih, Koordinator Gerakan Teknik USU Mengajar (GETUM) menjelaskan kegiatan GETUM Februari lalu, Jumat (8/5) di Fakultas Teknik. Perpustakaan akan dibuat di SD Negeri 0404075 Desa Surbakti, Kabupaten Karo. | Tantry Ika Adriati

BOPM WACANA | Gerakan Teknik USU Mengajar (GETUM) berencana membuat perpustakaan di sekolah-sekolah siswa sekolah dasar (SD) terpencil di Sumatera Utara. Sebagai permulaan, perpustakaan akan dibangun di SD Negeri 0404075 Desa Surbakti, Kabupaten Karo. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari kegiatan GETUM Februari lalu. Hal ini disampaikan oleh Rahmadan Syah Saragih, Koordinator Gerakan Teknik USU Mengajar, Kamis (7/5).

Madan bilang kegiatan ini juga untuk membantu siswa SD yang sekolahnya tak bisa digunakan akibat erupsi Sinabung. “Fasilitas sekolah yang ada sekarang masih yang awal, ada bukunya tapi enggak lengkap,” ujarnya. Saat ini, ia bilang GETUM sedang dalam proses memetakan sekolah-sekolah yang akan dibangun perpustakaan. Ia juga menambahkan, buku-buku yang ada di perpustakaan nantinya berasal dari sumbangan mahasiswa dan kerja sama dengan organisasi mahasiswa atau organisasi lainnya seperti Turun Tangan Medan.

Tapi, Madan menjelaskan jika jumlah buku sudah mencukupi rencananya GETUM membantu fasilitas lainnya seperti poster-poster berisi pendidikan, perlengkapan sains ilmu pengetahuan alam, dan kebutuhan lain yang diperlukan siswa SD.

Menanggapi hal ini, Melisa Mahasiswa Teknik Industri 2012 setuju dengan kegiatan ini. “Bagus, kalau ada waktu luang, mereka bisa baca,” ujarnya. Tapi Melisa bilang lebih baik jika buku-buku yang disumbangkan adalah buku-buku bekas sehingga tidak memberatkan mahasiswa.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).