BOPM Wacana

Dendam Arwah Seorang Ibu

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Andika Syahputra

Judul: The Woman in Black

Sutradara: James Watskin

Naskah: Jane Goldman

Pemain: Daniel Radcliffe, Ciarán Hinds, Janet McTeer, Liz White

Tahun: 2012

Durasi: 95 menit

Diadaptasi dari novel karya penulis kelahiran Inggris Susan Hill, The Woman in Black adalah film horor hasil arahan James Watskin yang juga menjadi sutradara pada film Eden Lake yang dirilis pada tahun 2008. Film ini mengisahkan Arthur Kipps (Daniel Radcliffe), seorang pengacara yang ditugaskan ke kota kecil bernama Chrytin Gifford untuk menyelesaikan masalah warisan tanah dan rumah milik seorang wanita yang telah meninggal, Alice Drablow (Alisa Khazanova). Di luar sepengetahuan Arthur, ternyata rumah tersebut dihantui oleh pemilik sebelumnya Jennet Humfyre (Liz White). Arthur pun mulai menjumpai kejadian mistis di kota kecil itu.

Film yang skenarionya dibuat oleh Jane Goldman ini dimulai dengan adegan tiga anak perempuan yang sedang bermain di kamarnya. Tiba-tiba raut wajah mereka yang penuh keriangan menghilang ketika mendengar alunan musik yang menghipnotis. Mereka pun terhipnotis dan berjalan menuju jendela kamar mereka yang berada di lantai dua. Dan secara serempak, mereka bertiga melompat dan kemudian meninggal.

Di tempat lain, Arthur Kipps, seorang pengacara muda yang baru saja kehilangan istrinya ditugaskan untuk menyelesaikan masalah warisan seorang wanita yang baru saja meninggal Alice Drablow. Arthur pun meninggalkan anaknya, Joseph Kipps (Misha Handley) untuk menuju ke Chrytin Gifford, kota kecil yang sepi. Kedatangan Arthur ternyata tidak disenangi oleh penduduk setempat kecuali Samuel Daily (Ciarán Hinds). Samuel Daily dan istrinya, Elisabeth Daily (Janet McTeer) menyambut Arthur dengan hangat. Arthur pun dipersilakan untuk makan malam dan menginap di rumah mereka sehari sebelum Arthur mulai bekerja dan menginap di Eel Marsh House.

Kejadian aneh pun mulai bermunculan sejak pertama kali Arthur menginjakkan kaki di rumah berhantu itu. Mulai dari kematian seorang anak perempuan yang datang ke kantor polisi ketika Arthur hendak menanyai keterangan tentang kematian Alice Drablow, sampai mainan yang bergerak sendiri ketika Arthur bekerja di Eel Marsh House. Setelah mencari tahu tentang sosok hantu yang sering di rumah itu, akhirnya Arthur mengetahui bahwa hantu itu adalah Jennet Humfyre, pemilik rumah sebelum Alice Drabowl yang juga saudara perempuannya. Jennet gantung diri di kamar anaknya karena frustrasi setelah anaknya, Nathaniel Drablow (Ashley Foster) meninggal karena tenggelam di daerah rawa di sekitar rumah itu.

Merasa terganggu dengan keberadaan hantu Jennet, Arthur dibantu Samuel untuk mencari anak Jennet yang tenggelam di rawa. Setelah bersusah payah menarik jasad Nathaniel dari dalam lumpur, akhirnya Arthur dan Samuel menguburkan jasad Nathaniel di dalam peti mati bersama ibunya.

Tapi walaupun jasad Nathaniel sudah dikubur bersama jasad ibunya, hantu Jennet masih saja gentayangan. Hantu Jennet kembali menampakkan wujudnya ketika Arthur hendak pergi meninggalkan Chrytin Gifford.

The Woman in Black adalah film pertama yang dibintangi Daniel Radcliffe setelah seluruh episode Harry Potter ditayangkan. Anda tidak akan menjumpai ayunan tongkat Daniel sambil melafalkan mantraPatronus di film ini. Tapi di sini sedikit karakter Harry Potter masih membekas dalam diri Daniel Radcliffe.

Walaupun jalan ceritanya sedikit lambat dan terkesan kosong, namun film yang di rekam dalam rentang waktu empat bulan ini berhasil menampilkan nuansa seram dan mencekam yang mampu membuat penontonnya merasakan ketegangan yang mencekam. Walaupun setiapscene nya terkesan klasik, namun film ini masih mampu memacu jantung penonton berdetak lebih kencang.

Meskipun alur ceritanya kurang bersemangat, tapi film ini berhak mendapatkan pengakuan kalau hanya sekadar untuk sinematografi yang menakutkan dan karakter pendukung yang kuat. Walaupun film ini tidak luar biasa menyeramkan, namun bagi para penggemar horror thrillertidak akan rugi menyaksikan film ini.

Hammer Films Production selaku perusahaan yang memproduseri film The Woman in Black ini, pada April 2012 lalu mengatakan akan ada sekuel untuk film yang berjudul The Woman in Black: Angel of Death. Susan Hill dikatakan akan membantu dalam pembuatan filmnya. Walaupun belum ada pemeran yang diumumkan secara resmi, tapi ada desas-desus yang mengatakan bahwa Daniel Radcliffe akan melanjutkan perannya di sekuel ini nantinya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).