BOPM Wacana

Moana, Karakter Baru Persembahan Disney

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Widya Hastuti

Judul Moana
Genre Animasi, Petualangan, Komedi
Aktris Auli I Cravalho, Dwayne Johnson, Rachel House
Sutradara Ron Clements dan John Musker
Durasi Film 107 Menit
Tanggal Rilis 23 November 2016
Produksi Walt Disney Pictures, Walt Disney Animation Studios

 

Moana hadir sebagai putri yang berbeda. Kali ini, melalui tokohnya, Disney memberikan pandangan baru tentang sikap independen dan kehidupan tanpa asmara.

Film ini bercerita tentang kehidupan Moana (Auli’I Cravalho), seorang putri kepala suku desa Motunui. Ia dipilih lautan untuk mengembalikan hati Te Fiti. Hati ini merupakan sumber kehidupan yang telah dicuri oleh Maui (Dwayne Johnson), manusia setengah dewa. Namun, ayah Moana kepala Tui melarang Moana berlayar. Kebimbangan menyelimuti Moana antara menjadi kepala suku di desanya atau menyelamatkan bumi.

Sumber Istimewa

Moana tampil sebagai film Disney pertama yang mengangkat mitologi Polynesia dengan latar kawasan Samudra Pasifik. Kisah Moana memberikan inspirasi bahwa ternyata alam adalah subjek yang harus diikuti. Manusia kadang kala harus tunduk dan patuh pada alam.

Latar belakang Moana menjadi salah satu yang berbeda. Ia hidup bahagia, memiliki orang tua yang menyayanginya, dan sebagai manusia ia lengkap. Ia berjuang bukan untuk mengobati masalah dirinya, melainkan berkontribusi untuk rakyatnya. Moana menjelaskan dalam hidup seseorang mengorbankan waktu dan tenaga bukan semata-mata untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk orang banyak.

Tidak seperti banyak kisah Disney, yang memiliki suasana batin terluka. Seperti Cinderella kehilangan ibu dan bapaknya, begitu juga putri salju. Putri Tiana (princess Frog) yang sedih dengan kebangkrutan orang tuanya. Putri Bella (Beauty and the beast) yang dipaksa  menikah oleh orang yang ia tidak suka, atau Pocahontas yang diserang penjajah Eropa. Moana tidak diserang pihak manapun, Moana ingin mengatasi kesulitan yang sumbernya bukan dari musuh, tetapi hukum alam.

Moana tampil mandiri, lugas, namun tidak polos. Bentuk tubuhnya lebih proporsional dan nyata dibanding putri garapan Disney lainnya. Pinggangnya tak terlalu kecil dan kulitnya sedikit cokelat. Melalui Moana Disney mengubah pandangan penontonnya tentang perempuan. Bahwa cantik tidak harus dengan tubuh kurus, kulit putih, dan gaun indah. Kesederhanaan dan kegigihan juga dapat memancarkan kecantikan.

Karakter Moana mencerminkan sifat tegas yang sabar. Tampak saat dia tidak menuding Maui sebagai penjahat walau telah mencuri hati Te Fiti. Ia mengembalikan jati diri Maui sebagai pahlawan. Atau, menenangkan Te Ka Iblis Bumi dan Langit yang sebenarnya adalah Te Fiti walau telah menyerangnya. Moana memaafkan agar dapat menyelesaikan masalah. Hidup bukan soal hitam putih, ksatria atau bandit, tetapi hidup soal kebersamaan di alam. Integrasi antara manusia dengan alam.

Sumber Istimewa

Film Moana juga tidak menampilkan kisah asmara. Cinta Moana tumbuh untuk orangtuanya, rakyatnya, dan alam. Walau dalam film frozen kita juga disuguhkan cinta yang berbeda, cinta antara kakak dan adik. Namun, sang putri Anna tetap bergantung pada kekasihnya. Pocahontas atau Mulan sebagai wanita pejuang juga tidak terlepas dari kisah asmara. Film Moana tetap unggul, ia memberikan kesan bahwa wanita tidak harus bergantung pada cinta laki-laki yang akan menjadi pasangannya.

Ia tetap berjalan meskipun ditinggal Maui, laki-laki yang harus membantunya. Ia tidak mengemis agar Maui mau menemaninya menjalankan misi, Ia memintanya dengan cara orang-orang yang independen. Berbeda dengan putri Disney di era awal, dimana putri merupakan pelengkap dari sang pangeran dan menanti bantuan kecupan sang pangeran.

Film ini membutuhkan waktu lima tahun untuk proses pembuatannya. Ron Clements dan John Musker melakukan ekspedisi  ke Pulau Fiji, Samoa, dan Tahiti untuk mendalami kehidupan masyarakat Polynesia dan mitologinya.

Tak heran bila Film ke-56 garapan Walt Disney Animation Studios ini berhasil menggebrak Box ffice. Moana juga mendapatkan penghargaan Best Animated Feature dan Best Song untuk lagu “How Far I’ll Go.  Auli’i Caravlo juga mendapatkan penghargaan Best Casting Animation. Seperti dilansir Time, film ini telah meraup pendapatan sebesar US$ 119,9 juta dari dalam negeri dan sebesar US$ 177,4 juta dari penayangan di seluruh dunia. Moana juga meraup pendapatan US$ 28,4 juta pada minggu kedua penayangan.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).