BOPM Wacana

CEPP: Sosialisasi Pemilu Melalui Pendidikan Politik

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Gio Ovanny Pratama

Puluhan Mahasiswa ramaikan acara Parpol Expo di FISIP, Selasa 11 Maret. | Wenty Tambunan
Puluhan Mahasiswa ramaikan acara Parpol Expo di FISIP, Selasa 11 Maret. | Wenty Tambunan

BOPM WACANA  Centre of Election and Political Party (CEPP)Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU gelar pendidikan politik untuk pemilih muda di halaman FISIP Selasa, 11 Maret. Hal ini guna sosialisasikan pemilihan umum (pemilu) April nanti. Pendidikan politik tersebut berupa simulasi pemilu, deklarasi pemilih muda, danparpol expo atau pameran partai politik. “Namun saya garis bawahi adanya parpol expo bukanlah untuk kampanye, tapi sosialisasi pemilu dan parpol,” tegas Muhammad Iqbal, ketua panitia, Selasa (11/3).

Selain sosialisasikan pemilu, Iqbal menambahkan kegiatan ini ditujukan untuk pemilih muda seperti mahasiswa agar tidak alergi politik. Menurutnya, dengan kegiatan ini mahasiswa bisa berpartisipasi berikan hak suaranya pada pemilu nanti.

Rahmat Kartolo Simanjuntak, komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Medan menyambut positif kegiatan ini. Sebab dalam kegiatan ini pemiih muda juga dapat tanyakan langsung pada KPU cara-cara menggunakan hak suaranya. Ia berharap tingkat partisipasi dan jumlah pemilih pada pemilu nanti meningkat. “Semoga nanti menjelang pemilu presiden ada lagi kegiatan seperti ini,” ujar Rahmat.

Muhammad Alif Ikhsan, siswa pengunjung dari SMA 15 Medan berpendapat kegiatan ini memotivasinya mengikuti pemilu nanti. Ikhsan mengatakan kegiatan ini membuatnya mengerti pentingnya satu suara. “Sebagai generasi muda, kita juga harus menyuarakan aspirasi kita terutama dalam pemilu nanti,” katanya.

Sementara itu, kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan Rock The Vote, pendidikan politik bagi pemilih muda yang berbasis di Amerika Serikat. Selain CEPP FISIP USU, kegiatan ini juga digelar Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri dan diikuti ratusan siswa SMA dan mahasiswa.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).