BOPM Wacana

Zainal Abidin Chaniago: Pebisnis Harus Dampingi Proses Pemilihan Durian

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Yulien Lovenny Ester Gultom

 

Zainal Abidin Chaniago menceritakan tentang kisah hidupnya menjadi seorang pengusaha durian pada acara Seminar Nasional Eksplorasi Durian Unggul Lokal Nusantara "Si Buah Emas Berduri" di Gelanggang Mahasiswa, Sabtu (28/11). Zainal katakan untuk menjadi pengusaha, mahasiswa tak boleh menyerah dan harus berani. | Yulien Lovenny Ester Gultom.
Zainal Abidin Chaniago menceritakan tentang kisah hidupnya menjadi seorang pengusaha durian pada acara Seminar Nasional Eksplorasi Durian Unggul Lokal Nusantara “Si Buah Emas Berduri” di Gelanggang Mahasiswa, Sabtu (28/11). Zainal katakan untuk menjadi pengusaha, mahasiswa tak boleh menyerah dan harus berani. | Yulien Lovenny Ester Gultom.

BOPM WACANA | Pebisnis harus mendampingi agen dalam memilih durian. Hal ini merupakan kunci untuk menjaga kualitas durian. Hal ini disampaikan oleh Zainal Abidin Chaniago pengusaha durian sekaligus pemilik Ucok Durian dalam acara Seminar Nasional Eksplorasi Durian Unggul Lokal Nusantara “Si Buah Emas Berduri” Sabtu, 28 November 2015 di Gelanggang Mahasiswa.

Zainal jelaskan inilah caranya untuk menjaga kualitas produk. Ia bilang kini ia punya dua puluh agen durian yang tersebar di seluruh Indonesia. “Tak perlu pilih langsung, tapi harus diawasi,”ujarnya. Ia tambahkan di Ucok Durian, pembeli dapat mengganti durian jika tidak enak, ini juga cara untuk menjaga kualitas dan sesuai moto Zainal ‘jangan bohongi orang, kalau bagus bilang bagus’.

Menanggapi hal ini, Nadila Syabna Siregar mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2014 katakan sangat setuju dengan sikap Zainal. Sebab ia bilang kepercayaan itu penting dan pengawasan juga harus dilakukan. “Kalau bawahannya jelek dia jelek juga,” ujarnya. Ia tambahkan hal ini juga yang membuat Zainal sukses dalam bisnisnya.

Selain itu Zainal juga memotivasi dan memberikan saran-saran bagi peserta seminar untuk berani membuka usaha sejak menjadi mahasiswa.

 

 

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).