BOPM Wacana

USU Siapkan Kampus II di Kwala Bekala

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Yayu Yohana dan Aulia Adam

Gedung Biro Rektorat USU.| Andika Syahputra
Gedung Biro Rektorat USU.| Andika Syahputra

BOPM WACANA | Demi meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana-prasana pendidikan, USU membangun kampus II di Kwala Bekala, Deli Serdang, sekitar 15 kilometer dari kampus I, Padang Bulan, Medan. Luas tanah di kampus tersebut sekitar 300 hektar. Hal ini dijelaskan Bisru Hafi, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat USU.

Menurut Bisru, alasan dibuatnya kampus II ini adalah jumlah mahasiswa yang meningkat tiap tahunnya. “Beberapa tahun lagi diprediksi akan mencapai di atas 60 ribu (mahasiswa -red),” katanya, Jumat (25/10).

Ditambahkan Bisru, areal tersebut adalah bekas hak guna usaha (HGU) PT Perkebunan Nusantara II yang telah resmi jadi milik USU. Di areal tersebut sudah dilaksanakan pembangunan fisik sejak sekitar tahun 2000. “Bahkan di sini sudah ada arboretum (tempat berbagai pohon ditanam dan dikembangbiakkan -red) untuk pesemaian bibit unggul seperti sawit, karet dan lainnya,” ungkap Bisru.

Ade Rezkika, mahasiswa Fakultas Pertanian 2011 menilai program ini harus lebih digodok lagi. Menurutnya kasihan mahasiswa yang sudah indekos di sekitar USU. “Gawat kalau sampai ke sana kuliahnya, lumayan jauh,” paparnya. Ia menilai perlu ada sosialisasi khusus tentang hal ini agar mahasiswa tak salah paham.

Ditambahkan Bisru, Rektor Syahril Pasaribu bersama Direktur Jenderal Bina Pengelolaan DAS Perhutan Sosial (BPDAS PS) Kehutanan RI meresmikan pesemaian di Kampus USU Kwala Bekala pada Maret lalu.

Sejumlah pembangungan pula telah diselenggarakan di kampus tersebut dan diperkirakan selesai pada 2020.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).