BOPM Wacana

USU Pamerkan Kreativitas Mahasiswa Selama Dua Hari

Dark Mode | Moda Gelap
Pameran Ilmiah Kreativitas Mahasiswa dan Pameran Teknologi Tepat Guna USU 2017 berlangsung di Gedung Pancasila, Rabu (15/11). | Suratman

Oleh: Suratman

BOPM WACANA USU menggelar Pameran Ilmiah Kreativitas Mahasiswa (PIKM) dan Pameran Teknologi Tepat Guna (PTTG) USU 2017, selama 15-16 November 2017 di Gedung Pancasila. Kegiatan ini dilakukan guna mewadahi kreativitas ilmiah mahasiswa, menumbuhkan minat mahasiswa berkreativitas, dan sebagai ajang publikasi kreativitas mahasiswa.

“Kegiatannya diikuti mahasiswa dari berbagai fakultas, program studi, dan unit kegiatan mahasiswa (UKM),” ujar Muhammad Husni, Ketua Panitia PIKM dan PTTG USU 2017, Rabu (15/11).

PIKM adalah pekan kreativitas yang menampung semua hasil kreativitas mahasiswa bersifat yang ilmiah seperti pameran fotografi dan poster, bazar stan ilmiah, dan pameran karya ilmiah. Sedangkan PTTG yaitu pameran yang menunjukan berbagai hasil cipta mahasiswa berbasis teknologi seperti ekspo kreativitas UKM berbasis teknologi.

Selain menunjukkan kreativitas mahasiswa berbasis ilmiah dan teknologi, ada juga pentas seni dan budaya sebagai hiburan dengan menampilkan lomba tarian etnis dan lomba musik akustik. Pun, terdapat pemberian penghargaan untuk karya ilmiah, stan, poster dan fotografi, serta stand up comedy terbaik.

Agum Pratama, Ketua Panitia Stan Himpunan Mahasiswa Biologi mengatakan sangat menyukai kegiatan pameran ini. Menurutnya acara ini dapat mengasah ilmu dan kreativitas mahasiswa untuk berkompetisi di era globalisasi saat ini.

Terlebih lagi disediakan stan-stan untuk memperlihatkan setiap hasil karya serta inovasi mahasiswa dan UKM. Sehingga dapat mengaplikasikan kreativitas untuk dilihat mahasiswa lain. “Kalau menurut saya acara ini adalah acara yang sangat keren,” tukasnya.

Fani Sasmita, Mahasiswi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2016 senang dengan adanya PIKM dan PTTG USU ini. Sebab menurutnya ia bisa melihat berbagai kreativitas dari berbagai mahasiswa dan penampilan seni budaya.

Namun ia menyayangkan jumlah stan pameran sedikit dan kurang menarik. Sehingga pengunjungnya lebih sedikit daripada acara pentas seni budaya. “Kalau bisa bagus-baguslah cara ngemasnya,” sarannya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).