BOPM Wacana

Fosei USU Akan Gelar Olimpiade Ekonomi Islam

Dark Mode | Moda Gelap
Sumber Istimewa

Oleh: Nadiah Azri Br Simbolon

BOPM WACANA – Forum Studi Ekonomi Islam (Fosei) USU akan menggelar Olimpiade Ekonomi Islam Tingkat Nasional pada 8 November di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kegiatan ini bertujuan sebagai tolak ukur mengetahui kepekaan mahasiswa terhadap ekonomi Islam untuk menambah wawasan.

“Dan juga merupakan suatu keharusan bagi mahasiswa muslim karena ilmu ekonomi Islam sudah diatur Allah dalam Alquran,” ujar Muhammad Raynaldi, Ketua Umum Fosei, Kamis (16/11).

Raynaldi menambahkan, kegiatan ini merupakan bentuk usaha secara berangsur-angsur untuk menyiarkan ekonomi Islam. Walaupun lomba ini dampaknya tidak terlalu efektif dalam menyiarkan ekonomi Islam, namun ia yakin tidak ada yang sia-sia.

Raynaldi mengatakan awalnya 25 tim mendaftar secara online pada 6-29 Oktober. Dalam tahap penyeleksian pada 2-5 November, semua tim diminta menganalisis kasus lalu hasilnya dikirim kembali ke panitia. “Juri memberikan penilaian dari jawaban kasus masing-masing peserta,” ungkapnya. Dalam tahap ini, 15 tim lolos ke babak penyisihan.

Munifan Habibi, Mahasiswa Manajemen 2014 berharap kegiatan ini membuat masyarakat sadar akan ekonomi Islam sehingga dapat direalisasikan ke dalam perekonomian Indonesia. “Ini terlihat ketika masa krisis tahun 1998, bank bersistem ekonomi syariah itu lebih stabil daripada bank konvensional terkait inflasi,” jelasnya.

Olimpiade ekonomi islam ini pernah diadakan dua tahun lalu dalam acara Seminar dan Olimpiade Fosei USU. Olimpiade tahun ini memerlukan total dana keseluruhan sebesar Rp15 juta.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).