BOPM Wacana

USU Kirimkan Empat Belas Mahasiswa Ikuti KKN Kebangsaan

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Anggun Dwi Nursitha

Dimulai dari sebelah kiri Alfian Hamsi dan Prof Dharma Bakti sedang menjelaskan peran KKN Kebangsaan terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi, Jumat (12/8). | Anggun Dwi Nursitha
Dimulai dari sebelah kiri Alfian Hamsi dan Prof Dharma Bakti sedang menjelaskan peran KKN Kebangsaan terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi, Jumat (12/8). | Anggun Dwi Nursitha

BOPM WACANA – Tahun ini USU kirimkan empat belas mahasiswa untuk ikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan. KKN Kebangsaan ini diselenggarakan di kepulauan Riau terhitung dari 21 Juli hingga 5 September. Pun diikuti lebih dari enam ratus mahasiswa dari 44 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tersebar diseluruh Indonesia. Hal ini disampaikan oleh  Pengelola KKN USU Alfian Hamsi, Jumat (12/8).

Alfian mengatakan ini adalah kedua kalinya USU mengirimkan delegasi dimulai sejak tahun lalu. Pun mahasiswa yang mengikuti KKN Kebangsaan sebelumnya 15 orang, tapi karena satu orang sakit USU hanya mengirimkan 14 perwakilan. “Pengabdian memang harus dijalankan, ini termasuk dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tegasnya.

USU masih terbilang baru dalam ikut serta pada KKN Kebangsaan jika dibandingkan PTN lain. Selain menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi diharapkan kepada mahasiswa yang mengikuti ini dapat mengetahui pelajaran kehidupan yang ada didalamnya. Salah satunya   mengetahui permasalahan yang dialami Indonesia seperti pemerataan pembangunan dan sebagainya. “Inilah wadah yang disediakan untuk menciptakan generasi yang berpikir sehat untuk Indonesia,” ungkapnya.

Peserta KKN USU 2016 Rizky A Simanjuntak Fakultas Kesehatan Masyarakat 2013 membenarkan hal tersebut. Ia mengaku KKN ini sebagai ajang bertemunya mahasiswa dari seluruh Indonesia. “Disini kita membantu masyarakat dalam meningkatkan kemakmurannya,”tuturnya.

KKN Kebangsaan kali ini bertemakan pengembangan ekowisata bahari pulau terdepan, tertinggal dan terisolir di Provinsi Riau.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).