BOPM Wacana

USU-D Napoli L’Orientali Akan Adakan Pertukaran Penelitian

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Erista Marito Oktavia Siregar

Gioseppima Monaco dan Roberta Zollo, Mahasiswa Universitas D Napoli L'Orientali menceritakan pengalaman selama menjadi mahasiswa Satsra Daerah, Fakultas Ilmu Budaya) di Gedung Pusat Bahasa USU, , Jumat (19/12).
Mahasiswa Universitas D Napoli L’Orientali Roberta Zollo (kiri) dan Gioseppima Monaco (kanan) bercerita tentang pengalaman selama menjadi mahasiswa Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya di Gedung Pusat Bahasa USU, Jumat (19/12).| Tantry Ika Adriati

BOPM WACANA | Universitas Sumatera Utara (USU) akan adakan pertukaran penelitian dengan Universitas D Napoli L’Orientali, Italia. Pertukaran penelitian ini untuk mengembangkan sumber daya manusia di kedua universitas. Hal ini diungkapkan Prof Robert Sibarani, Guru Besar Antropolinguistik USU, Jumat (19/12).

Penelitian tersebut direncanakan fokus di bidang budaya. Budaya yang diteliti seperti pengkajian aksara Batak dan tradisi kematian dalam budaya Batak. Pertukaran penelitian ini juga merupakan tindak lanjut dari memorandum of understading (MoU) yang disepakati kedua universitas pada 24 Maret lalu.

Mahasiswa Universitas D Napoli L’Orientali Gioseppima Monaco membenarkan hal tersebut. Ia bilang telah mengetahui MoU tersebut dan juga telah terlibat dalam program pertukaran pelajar sejak Agustus di USU.

Menurut Gioseppima rencana penelitian tersebut memang telah dibicarakan. “Saya pribadi sudah terpikir untuk meneliti tentang aksara yang ada di salah satu museum di Italia,” ungkapnya. Sebab di Museum Italia ada aksara Batak yang sama sekali belum dibaca dan diterjemahkan.

Robert menambahkan, komunikasi mengenai pertukaran penelitian sudah dijalin sejak Desember 2014 ini dan akan segera direalisasikan. Pertukaran penelitian tersebut rencananya akan dirancang sepanjang 2015 nanti.

Selain penelitian, dalam MoU, kedua universitas juga akan kembangkan bidang akademik pertukaran staf untuk pengajaran, penelitian dan pengembangan, kunjungan staf dan mahasiswa, join riset sampai kepada pertukaran arsip dan dokumentasi hasil penelitian akan dilakukan.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).