BOPM Wacana

Tingkatkan Promosi Budaya, Pascasarjana Seni Gelar Pensi

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Amelia Ramadhani

Perwakilan Mahasiswa Universitas Negeri Padang sedang menampilkan Tobo, Selasa (19/04). |Amelia Ramadhani
Perwakilan Mahasiswa Universitas Negeri Padang sedang menampilkan Tobo, Selasa (19/04). |Amelia Ramadhani

BOPM WACANA – Guna meningkatkan promosi seni dan budaya anyar daerah, Pascasarjana Penciptaan dan Pengkajian Seni Fakultas Ilmu Budaya USU menggelar pentas seni (pensi). Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi antarmahasiswa seni yang ada di pulau Sumatera. Hal ini disampaikan oleh Halomoan Tampubolon, Ketua Panitia Pertemuan Kreatif Mahasiswa dan Karya Inovatif Lembaga Seni Pertunjukan, Selasa (19/4).

Acara ini dihadiri oleh enam universitas yang ada di Sumatera. Di antaranya Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Medan, Institut Seni dan Budaya Indonesia, Universitas Almuslim, dan Universitas Islam Riau. Masing-masing perwakilan universitas menampilkan kesenian yang berasal dari daerah mereka.

Dijelaskan oleh Halomoan, penampilan ini tidak ditentukan harus menampilkan musik atau drama saja karena semuanya boleh digabungkan ke dalam satu penampilan. Namun, setiap universitas hanya menampilkan satu kesenian terlebih dahulu. “Kalau ada yang mau tampil lagi kita kasih kesempatan,” tambahnya.

Dosen UNP Winbrayardi sambut positif acara ini. Menurutnya, sudah saatnya Sumatera menonjol di bagian kesenian. Selama ini masyarakat Indonesia hanya kenal dengan Bali dan Yogyakarta yang terkenal akan budaya dan seninya. “Padahal, Sumatera lebih kaya dari kedua daerah,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).