BOPM Wacana

Kuota SBMPTN USU Berkurang Tahun Ini

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Santi Herlina

Foto: Sumber Istimewa
Foto: Sumber Istimewa

BOPM WACANA | Zulfan, Kepala Subbagian Penerimaan dan Pemasaran Biro Akademik USU mengatakan jumlah kuota mahasiwa baru jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) USU 2016 berkurang tahun ini. Hal ini berdasarkan Peraturan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek DIKTI) Nomor 45 tahun 2015 tentang jumlah penerimaan mahasiswa jalur SBMPTN. ”Ya, kita mengikuti peraturan,” tukasnya, Selasa (19/4).

Zulfan mengatakan, perbedaan jumlah mahasiswa baru yang diterima dari tahun lalu dengan tahun ini lumayan jauh. Tahun lalu, mahasiswa yang diterima sejumlah 2.580 orang atau lima puluh persen dari total program studi (prodi). Sedangkan tahun ini kuotanya menjadi 1.739 orang atau sama dengan tiga puluh persen dari total prodi.

Menanggapi hal tersebut, Siswa MAN Pematang Siantar Azmiranda Pulungan menyayangkan hal ini. Menurutnya, peminat SBMPTN sangat besar sebab tak semuanya bisa masuk melalui jalur undangan. Pun, harus berusaha keras untuk belajar agar berkesempatan masuk. “Kalau kuotanya sedikit kemungkinan untuk masuk berarti kecil,” keluhnya.

Ditambahkan Zulfan, tak hanya jumlah kuota SBMPTN saja yang berkurang tahun ini. Kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Masuk Bersama (UMB) pun berkurang. Namun, pengurangan jumlah kuota ini tidak akan ditambah atau dikurangi lagi karena mengikuti peraturan yang ada.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).