BOPM Wacana

Tim Horas Targetkan Juarai Dua Kategori SEM Asia 2015

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Amelia Ramadhani

Rektor USU Prof Syahril Pasaribu kalungkan karangan bunga pada Pembimbing Tim Horas Himsar Ambarita saat penyambutan Tim Horas di Biro Rektorat, Rabu 12 Februari. | Ridho Nopriansyah
Rektor USU Prof Syahril Pasaribu kalungkan karangan bunga pada Pembimbing Tim Horas Himsar Ambarita saat penyambutan Tim Horas di Biro Rektorat, Rabu 12 Februari. | Ridho Nopriansyah

BOPM WACANA — Tim Horastargetkan raih juara pertama di dua kategori Shell Eco-marathon (SEM) Asia 2015 di Manila, Filipina. Kategori itu yakni etanol dan biodiesel. Hal ini disampaikan Arie M.Bangun, Manager Diesel Tim Horas, Selasa (14/10).

Arie mengatakan target menang di dua kategori ini disebabkan Tim Horas tak ikuti lomba kategori bensin. Hal ini disebabkan dana Rp 150 juta yang dimiliki Tim Horas saat ini hanya cukup  untuk buat mobil baru berbahan bakar etanol dan biediesel.

Untuk mencapai target tersebut, Tim Horas mengganti desain mobil yang akan dilombakan. Arie menjelaskan kontur sirkuit di Manila, Filipina, tempat SEM Asia 2015, butuh mobil ringan agar lebih aerodinamis dan pembakaran bahan bakarnya lebih efisien.

Selain itu, di SEM Asia 2015, Arie bilang Tim Horas juga akan menambah jarak tempuh. Tahun lalu ditargetkan seratus kilometer per liter untuk kategori diesel dan dua ratus kilometer per liter kategori etanol. Namun tahun ini target tesebut naik jadi 150 kilometer per liter diesel dan 250 kilometer per liter etanol. “Untuk mewujudkannya saat ini tim sedang lakukan pengujian,” tambah Arie.

Pembimbing Tim Horas Himsar Ambaritha targetkan hal serupa. Ia yakin tim di bawah bimbingannya itu bisa juara kerena sudah paham sirkuit di Manila. Selain itu persiapan Tim Horas pun lebih matang dibanding tahun lalu yang belum bisa memprediksi keadaan sirkuit di Manila. “Belum paham sirkuit sudah bisa menang, apalagi udah berpengalaman dari yang semalam itu,” tutupnya.

Dalam SEM Asia 2014 yang juga bertempat di Manila, Tim Horas berhasil raih juara pertama kategori etanol dan juara kedua kategori biodiesel.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).