BOPM Wacana

Sastra Jepang Targetkan Akreditasi B

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Renti Rosmalis

Ilustrasi: Lazuardi Pratama
Ilustrasi: Lazuardi Pratama

BOPM WACANA — Departemen Sastra Jepang targetkan akreditasi B pada pengajuan reakreditasi Januari 2015 mendatang. Hal ini disebabkan, Sastra Jepang dinilai hanya mampu mencapai akreditasi B setelah sebelumnya memperoleh akreditasi C. “Akreditasi sebelumnya kita cuma kurang beberapa poin, sedikit lagi B,” kata Ketua Departemen Sastra Jepang Eman Kusdiyana, Senin (13/10).

Eman optimis dapatkan akreditasi B sebab jumlah dosen yang menyelesaikan S3 Sastra Jepang meningkat dari sebelumnya. “Tahun ini ada dua dosen selesai S-3, tahun depan dua lagi, jadi bakal ada lima dosen S3,” katanya. Selain itu, jumlah penelitian dan buku yang diterbitkan dosen juga bertambah satu pada tahun ini.

Praktik Kerja Lapangan yang akan diadakan November mendatang oleh beberapa mahasiswa Sastra Jepang di salah satu perusahaan asing juga menambah poin pada penilaian akreditasi.

Mediciata Farahdina , mahasiswa Sastra Jepang 2011 berharap akreditasi tahun depan sesuai target. Menurutnya, akreditasi B cukup realistis diperoleh Sastra Jepang mengingat fasilitas dan keadaan kampus yang masih banyak kurang. “Kalau akreditasi bagus, cari kerja juga gampang,” katanya.

Eman menambahkan, mahasiswa juga harus mendukung usaha untuk meningkatkan akreditasi dengan aktif mengikuti pekan kreativitas mahasiswa dalam hal pengabdian masyarakat. “Mahasiswa dan dosen harus saling bersinergi,” tutupnya.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).