BOPM Wacana

Tiga Ratus DPT di TPS 6 Medan Polonia Tidak Valid

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Rizky Adrian

Ketua KPPS Fitriani melakukan penghitungan suara di TPS 6 Kecamatan Medan Polonia, Rabu (9/11). Dari 791 DPT yang terdaftar di TPS 6 Kecamatan Medan Polonia, hanya 130 pemilih yang memberikan suara. | Rizky Adrian
Ketua KPPS Fitriani melakukan penghitungan suara di TPS 6 Kecamatan Medan Polonia, Rabu (9/11). Dari 791 DPT yang terdaftar di TPS 6 Kecamatan Medan Polonia, hanya 130 pemilih yang memberikan suara. | Rizky Adrian

BOPM WACANA — Dari sejumlah 791 daftar pemilih tetap (DPT) di tempat pemungutan suara (TPS) 6 Kecamatan Medan Polonia, hampir tiga ratus tak memiliki identitas yang jelas. Hal ini dikemukakan Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Fitriani, Rabu (9/11).

Fitri jelaskan sejumlah tiga ratusan DPT ini tidak memiliki identitas yang jelas sebab sudah meninggal dan pindah rumah. Akibatnya dari 791 surat untuk DPT, yang dilayangkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) masih tersisa hampir tiga ratus undangan untuk DPT. Pun, ia tidak tahu berapa jumlah pasti masyarakat yang pindah dan meninggal.

Ia mencontohkan masyarakat di Komplek Auri, Kecamatan Medan Polonia yang terus berganti, jumlahnya hampir ratusan. Tetapi  penduduk yang telah pindah tidak mengambil surat pindah, sehingga tidak ada data yang pasti mengenai ini. “Ini membuat mereka masih terdaftar sebagai DPT,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Herman M Nur, Kepala Bagian Teknis dan Partisipasi Masyarakat Provinsi Sumatera Utara mengaku ada kesalahan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Mungkin masih ada data yang tercecer atau khilaf yang dilakukan oleh petugas KPU,” tulisnya dalam pesan singkat.

Fitri mengimbau KPU jangan mengandalkan data dari penduduk yang lalu sebab banyak penduduk yang sering pindah. Ia berharap KPU dapat mendata ulang agar tidak terjadi kesalahan yang sama. Fitriani tambahkan dari 791 DPT, hanya 130 yang memberikan suaranya hari ini. Sejumlah 361 DPT lainnya tidak memberikan suaranya pada pilkada kali ini di TPS 6 Kecamatan Polonia.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).