BOPM Wacana

Terkendala Listrik, Lab Uji Kompetensi FKep Tak Bisa Digunakan

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Guster CP Sihombing

Gedung Lab Uji Kompetensi FKep. | Andika Syahputra
Gedung Lab Uji Kompetensi FKep. | Andika Syahputra

BOPM WACANA | Laboratorium (lab) Uji Kompetensi Fakultas Keperawatan (FKep) tidak bisa digunakan karena terkendala listrik. Pasokan listrik di FKep tidak mencukupi untuk pengoperasian lab tersebut. Padahal lab ini sudah selesai dibangun sejak akhir 2013 lalu. “Kita sampai upayakan nyambung listrik dari gedung lama, ternyata enggak cukup juga,” kata Dekan FKep Dedi Arianta, Rabu (21/5).

Pengoperasian lab ini memang tidak bisa dimulai apabila tidak difasilitasi listrik. Sebab, lab uji kompetensi ini digunakan untuk menguji kompetensi calon tenaga medis baik teori maupun praktik.

Untuk teori, digunakan lab dilantai satu menggunakan computer base test dengan lima puluh komputer yang tersedia. Sedangkan untuk praktik, digunakan skill lab di lantai dua. Mahasiswa diharuskan menunjukkan kompetensinya sebagai tenaga medis melalui praktik langsung dengan fasilitas yang sudah tersedia. “Lihat aja berapa AC (air conditionerred)-nya di sini, pakai komputer semua lagi,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Yusuf Husni Pembantu Rektor V menyatakan pasokan listrik di USU memang sedang krisis. Namun pihaknya telah ajukan penambahan pasokan ke Perusahaan Listrik Negara. “Kita tahu jugalah belakangan sering mati lampu di Medan,” pungkasnya.

Dedi berharap listrik di Lab Uji Kompetensi segera dipasang agar dapat segera beropesasi. Sebab menurutnya selain untuk uji kompetensi, lab ini juga bisa digunakan mahasiswa untuk praktikum lab.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).