BOPM Wacana

Teatrikal Tak Biasa Meryl Streep dan Kawan-kawan

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh Aulia Adam

Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa

Judul: August: Osage County

Sutradara: John Wells

Naskah: Tracy Letts

Aktor: Meryl Streep, Julia Roberts, Ewan McGreggor, Sam Shepard, Chriss Cooper

Rilis: Desember 2013

Poster filmnya saja sudah provokatif. Ada Julia Roberts berusaha ‘menerkam’ Meryl Streep. Kita langsung sadar kalau Wells sedang membuat drama yang tidak biasa.

Ceritaini diangkat dari drama peraih Pulitzer 2008 karangan Tracy Letts berjudul sama. Sang Sutradara John Wells tetap menggunakan jasa sang penulis naskah aslinya untuk memantapkan kerangka dasar film ini. Lain dari itu, ia membungkus drama bergenre ‘komedi gelap’ ini dengan sederet nama pelakon layar lebar yang tak main-main kemampuan sandiwaranya.

Salah satunya sang maestro di dunia akting, Meryl Streep. Kali ini ia berperan sebagai seorang wanita tua berambut cepak yang mulutnya disarangi kanker, Violet Weston namanya. Violet adalah istri seorang pujangga ternama Beverly Weston (Sam Shepard), ibu dari tiga orang putri. Sayang, keluarganya bukan keluarga yang harmonis. Jadilah kesan getir selalu ditampakkan tokoh Violet melalui mimik dan dialog-dialog sarkasnya.

Berantakannya keluarga ini langsung disajikan di menit-menit awal film dibuka.

Violet yang setengah mabuk berjalan tergopoh mendatangi Beverly yang sedang mewawancarai asisten rumah tangga baru mereka, Johnna (Misty Uphaim). Ada dialog gelap antarsepasang suami-istri tersebut. Violet penuh sindiran, sementara Beverly hanya menjawab santai, singkat, seolah-olah ia tak mengerti kalau sang istri menyindir. Ia kelihatan lelah.

Dan benar saja, beberapa hari kemudian ia ditemukan mati bunuh diri di tepi sebuah sungai di Oklahoma. Dugaan orang-orang, ia stres.

Kematian Beverly membawa dua putrinya kembali ke rumah mereka yang panas. Barbara (Julia Roberts), si sulung datang bersama suaminya Bill (Ewan McGregor) dan anaknya Jean (Abigail Breslin). Tokoh satu ini bukan karakter pendukung biasa. Ia salah satu kunci yang menggiring cerita.

Ada pula Karen (Juliette Lewis). Karakter centil ini datang bersama tunangannya yang parlente, Steve (Dermot Mulroney). Mereka harus kembali bertemu dengan ibu mereka dan Ivy (Jullianne Nicholson), saudari polos mereka yang terjebak di rumah itu.

Ternyata berkumpulnya keluarga besar ini malah membuka aib yang disimpan tiap karakter. Cuaca panas Oklahoma tak ada apa-apanya ketimbang panasnya meja makan keluarga Weston siang itu.

Violetlah pemicunya. Ia menyindir, berkata kasar, memandang hina, dan tak segan menuding lawan bicaranya dengan jari. Satu-satu, rahasia terbuka di meja makan itu. Selain keluarga Weston, ada tiga orang tambahan di sana. Ada Mattie Fae (Margo Martindale), adik Violet. Suaminya, Charles Aiken (Chris Cooper), dan anak mereka Little Charles Aiken (Benedict Cumberbatch). Tiga tokoh yang juga menambahi panas cerita.

Ujung pembicaraan di meja makan ini adalah gambar yang ada di poster film. Barbara berusaha ‘menerkam’ ibunya yang mulut berkankernya kelewat kasar.

Tapi konflik tak berhenti di sana. Banyak rahasia yang terus terbuka ke depannya. Tiap karakter meluap-luap. Tapi, yang menarik perhatian adalah dialog mereka yang meski kasar, getir, gelap, namun terdengar begitu indah karena saling bersahutan. Begitu teatrikal. Begitu Broadway.

Genre ‘komedi gelap’ itu juga tak sembarang mereka sandang. Sebab dalam begitu banyaknya stres yang ditabur drama ini, komedi-komedi ironi tetap mewarnai tiap adegan. Misalnya saat Barbara, Violet, dan Ivy saling meneriaki di meja makan yang sama dengan kala itu, sambil memakan lele goreng masakan Johnna, mereka saling melempar piring ke lantai sambil terus melanjutkan perbincangan. Tengiknya wajah Violet pasti akan membuat Anda tertawa.

Deretan nama besar di atas adalah jawaban kenapa drama ini jadi tak biasa. Semua karakter berhasil hidup dan tak tampil asal-asalan lalu terlupakan, kecuali (satu-satunya yang terlupakan) Abigail Breslin yang harus banyak berlatih lagi. Bahkan karakter Beverly yang tampil singkat juga berhasil menarik atensi dibuat Sam Shepard. Pun Johnna yang sedikit sekali berdialog juga tampil kuat dibuat Misty Uphaim.

Tapi tetap saja Meryl Streep dan Julia Roberts-lah bintangnya. Mereka tampil tak biasa, seperti performa-performa lainnya di film sebelumnya. Kepada Streep yang begitu teatrikal dan sempurna, saya angkat topi. Sayang saja, ia hanya berhasil masuk nominasi Aktris Terbaik Oscars dan kalah disandung Cate Blanchetts di film Blue Jasmine (2013).

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).