BOPM Wacana

Setelah Tutup Pendaftaran D-3, FKep Optimis Akreditasi Naik

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Lazuardi Pratama

Papan nama FKep, Minggu (24/5). | Wenty Tambunan
Papan nama FKep, Minggu (24/5). Tahun ini FKep tak buka pendaftaran mahasisiwa baru program D-3. | Wenty Tambunan

BOPM WACANA | Fakultas Keperawatan (Fkep) lewat Wakil Dekan II sekaligus asesor akreditasi Evi Karota Bukit optimis akreditasi ketiga program studinya naik. Ketiga program studi itu adalah D-3, S-1, dan S-2 Keperawatan. Optimisme ini didapat setelah FKep menutup sementara pendaftaran mahasiswa baru untuk program D-3. Dengan demikian, menurut Evi, FKep dapat memperkecil rasio dosen dan mahasiswa. “Ditutup dulu supaya enggak terlalu ramai,” ujar Evi, Selasa (15/9).

Dari data yang dihimpun dekanat FKep, rasio dosen dan mahasiswa sebelum wisuda periode terakhir dan penerimaan mahasiswa baru adalah 1 dosen berbanding 30 mahasiswa. Padahal rasio ideal adalah 1-20. Menurut Evi, ini kendala terbesar FKep untuk mencapai akreditasi maksimal. Saat ini, D-3 dan S-2 Keperawatan memiliki akreditasi C, sementara S-1 berakreditasi B.

Lagipula, menurut Evi, mulai tahun ini D-3 Keperawatan mulai menjalankan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang membutuhkan lebih banyak dosen.

Evi melanjutkan, D3 Keperawatan yang akan melakukan reakreditasi pada awal tahun depan ditargetkan mendapat akreditasi B. Sementara, S-1 dan S-2 yang akan reakreditasi akhir tahun depan masing-masing ditargetkan mendapat akreditasi A dan B.

Sementara itu, mahasiswa FKep 2012 Artia Sari Sidabutar juga optimis FKep akan mendapat akreditasi yang ditargetkan. Sebab menurutnya selama ini ia tak merasa kekurangan dosen. Begitu. “Sejauh ini pembagian dosennya teratur, tapi kalau untuk kebutuhan pribadi dengan dosen, harus lebih berjuang,” katanya.

Komentar Facebook Anda

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).