BOPM Wacana

Senat Akademik Tetapkan Tiga Calon Rektor USU

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Dewi Annisa Putri

Peroleh Suara Calon Rektor USU yang dipilih oleh Senat Akademik, Pemilihan ini dilaksanakan di Ruang Rapat SA, Selasa (19/1).  | Nurhanifah
Peroleh Suara Calon Rektor USU yang dipilih oleh Senat Akademik, Pemilihan ini dilaksanakan di Ruang Rapat SA, Selasa (19/1). | Nurhanifah

BOPM WACANA | Senat Akademik (SA) telah saring delapan bakal calon rektor menjadi tiga calon rektor. Tiga calon tersebut adalah Dekan Fakultas Hukum Prof Runtung Sitepu, Wakil Rektor I Prof Zulkifli Nasution, dan Pejabat Rektor Prof Subhilhar. “Tiga nama itu mendapat peroleh suara terbanyak,” ujar Ketua Senat Akademik Prof Chairul Yoel usai rapat, Selasa (19/1), di Biro Rektorat USU.

Yoel jelaskan rapat dihadiri semua anggota SA sebanyak 94 orang. Penyaringan dilakukan dengan cara pemungutan suara. Prof Runtung peroleh 45 suara, Prof Zulkifli peroleh 42 suara, dan Prof Subhilhar peroleh 7 suara. Ia bilang tak ada anggota SA yang abstain.

Sedangkan lima bakal calon rektor tidak mendapat suara. Di antaranya Guru Besar Fakultas Teknik Rosdanelli Hasibuan, Wakil Dekan III Fakultas Hukum OK Saidin, Ketua Program Studi Etnomusikologi Muhammad Takari, Pimpinan Pusat Inkubator Bisnis Cikal Prof Ritha F Dalimunthe, dan Tumpal Halomoan S Siregar dari Badan Penelitian Sungai Putih.

Sebagai calon dengan perolehan suara terbanyak, Prof Runtung bilang akan terus lanjutkan visi dan misinya. “Membangun USU,” tegasnya.

Selanjutnya tiga nama tersebut diserahkan oleh SA ke Majelis Wali Amanat (MWA). MWA akan melakukan pemilihan dan penetapan Rektor USU Periode 2016-2021 pada 21 Januari mendatang di Jakarta.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).