BOPM Wacana

Jika Jadi Rektor, Prof Runtung Tingkatkan Akreditasi Prodi

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Deli Listiani

Prof Runtung sampaikan Program Kerja yang akan dilaksanakan apabila terpilih menjadi rektor di Auditorium USU, Senin (18/1). | Vanisof Kristin Manalu
Prof Runtung sampaikan Program Kerja yang akan dilaksanakan apabila terpilih menjadi rektor di Auditorium USU, Senin (18/1). | Vanisof Kristin Manalu

BOPM WACANA | Bakal Calon Rektor Prof Runtung Sitepu akan tingkatkan akreditasi program studi (prodi) sebagai salah satu program kerja (progja)-nya jika terpilih menjadi rektor. Hal ini dilakukan demi tercapainya institusi dan delapan puluh persen prodi yang terakreditasi A. Selain itu, agar USU menjadi unggul dalam bidang akademik dan menjadi barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang bersaing dalam tataran dunia global. Demikian disampaikannya dalam acara Pemaparan Program Kerja Bakal Calon Rektor USU di Auditorium USU, Senin (18/1).

Demi mencapai tujuan itu, Runtung akan melakukan enam cara. Di antaranya membentuk tim percepatan akreditasi, menambah anggaran biaya akreditasi, menambah sistem dokumentasi kegiatan prodi, semua ketua prodi harus menandatangani kontrak untuk menaikkan akreditasi, mengadakan kegiatan untuk peningkatan akreditasi, dan memberi penghargaan kepada prodi akreditasi A. “Cara ini cukup lah memperbaiki USU,” katanya.

Gubernur Fakultas Hukum Agung Handi Sejahtera dukung progja tersebut. Menurutnya, peningkatan akreditasi prodi dan akreditasi USU adalah harga mati yang harus dilakukan bagi siapapun rektor terpilih nantinya. “Agar kita sebagai mahasiswa maupun alumni tidak malu dan minder dengan kampus lain,” ujarnya.

Runtung lahir di Langkat, 10 November 1956 dan saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum USU sejak 2005. Ia telah menyelesaikan studi S-1, S-2, S-3, dan mendapat gelar guru besar di USU. Selain itu, ia juga menjabat Ketua Badan Kerja Sama Dekan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi se-Indonesia dan Wakil Sekretaris Asosiasi Profeco Indonesia. Selain itu, pakar hukum adat ini sering diundang sebagai narasumber pembicara seminar nasional.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).