BOPM Wacana

Satpam dan Menwa Menjaga Keamanan PKKMB USU

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Nurhanifah

Ketua Panitia PKKMB USU Eko Yudhistira (baju merah) sedang berkordinasi dengan panitia PKKMB Fakultas Kedokteran mengenai kegiatan PKKMB di fakultas tersebut, Rabu (25/8). |Nurhanifah
Ketua Panitia PKKMB USU Eko Yudhistira (baju merah) sedang berkordinasi dengan panitia PKKMB Fakultas Kedokteran mengenai kegiatan PKKMB di fakultas tersebut, Rabu (25/8). |Nurhanifah

USU,wacana.org/arsip- Satuan Pengaman (satpam) dan Resimen Mahasiswa (menwa) berjaga disetiap fakultas untuk menjamin Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) berjalan lancar dan kondusif. Pengamanan ini sekaligus untuk memudahkan Panitia PKKMB USU memantau dan menindak pelanggaran yang terjadi di setiap fakultas. “Nanti kalau ada pelanggaran yang mereka (satpam dan menwa-red) lihat bisa langsung kita tindak lanjuti dan ambil keputusan segera,” jelas Ketua Panitia PKKMB USU Eko Yudhistira, Kamis (26/8), di Fakultas Ilmu Budaya.

Eko sampaikan masing-masing fakultas diberikan dua satpam dan satu menwa oleh USU. Pun, keamanan diperketat karena sistem PKKMB berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya ditanggung jawabi oleh fakultas, tahun ini di tanggung jawabi oleh Rektor. Sebab kegiatan PKKMB merupakan kegaiatan istitusi seperti tercantum dalam Keputusan Direktur Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Menristek-Dikti No. 096/B1/SK/2016 Tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru.

Wahyudi, Kepala Keamanan USU mengamini hal ini. Ia sampaikan ketika workshop PKKMB sudah disampaikan untuk menjaga keamanan. “Tapi kalau fakultas mau nambah satpam fakultas boleh saja, satpam dari universitas sediakan masing-masing dua untuk fakultas,” terangnya.

Tifani Tresia Sari, Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) apresiasi pengamanan ini. “Bagus dong jadi kalau ada hal-hal yang tak diinginkan bisa langsung ditindak,” ujarnya. Meski begitu ia sampaikan tak ada terjadi perpeloncoan di FEB.

Eko juga berkeliling seluruh fakultas untuk memastikan acara berjalan dengan lancar tanpa ada pelanggaran pada pukul 07.00 WIB -17.00 WIB.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).