BOPM Wacana

Rektor USU Lantik 45 Wakil Dekan untuk Seluruh Fakultas

Dark Mode | Moda Gelap

Oleh: Naqya Assyifa

Rektor USU Prof Runtung Sitepu menyalami Wakil Dekan terpilih saat acara pelantikan Wakil Dekan telah selesai, Kamis (2/6) di Gelanggang Mahasiswa. | Vanisof Kristin Manalu
Rektor USU Prof Runtung Sitepu menyalami Wakil Dekan terpilih saat acara pelantikan Wakil Dekan telah selesai, Kamis (2/6) di Gelanggang Mahasiswa. | Vanisof Kristin Manalu

BOPM WACANA – Rektor USU Prof Runtung Sitepu melantik 45 wakil dekan tiap fakultas pada Kamis, 2 Juni lalu di Gelanggang Mahasiswa. Terpilihnya wakil dekan ini bertujuan agar tidak ada kesenjangan operasional dalam pelayanan akademik dan mengisi kekosongan jabatan di lingkungan USU. Demikian disampaikan Prof Runtung dalam kata sambutannya, Kamis (2/6).

Sebelumnya, setiap dekan fakultas telah mengajukan nama-nama calon wakil dekannya ke rektor. Mekanisme pemilihan dilakukan berdasarkan Statuta USU No.16 tahun 2014, Peraturan Rektor, dan ketentuan-ketentuan yang berlaku. “Penilaian bersifat objektif tanpa ada kepentingan ras, agama, dan jenis kelamin,” ujar Prof Runtung.

Pelantikan berlangsung dengan serangkaian acara. Di antaranya pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan surat keputusan (SK), dan pembacaan ikrar jabatan yang diikuti oleh wakil dekan terpilih. Lalu dilanjutkan dengan pidato rektor, serah jabatan secara simbolis, dan ditutup dengan pembacaan doa.

Mengenai acara ini Prof Mauly sebagai Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Budaya berharap seluruh wakil dekan yang terpilih mampu mengemban tanggung jawabnya. Pun langkah awal Prof Mauly adalah meningkatkan akreditasi di fakultasnya sesuai dengan program kerja rektor. “Saya bersyukur dan akan berusaha melakukan yang terbaik,” ujarnya.

Prof Runtung menambahkan, langkah awal yang harus dilakukan wakil dekan terpilih adalah meningkatkan akreditasi pada tiap fakultas. Ia mengimbau agar semua pihak bekerja sama untuk memajukan USU.

Untuk diketahui, rektor juga melantik kepala perpustakaan dan wakilnya, kepala sistem informasi, serta direktur utama Rumah Sakit USU Periode 2016-2021.

Komentar Facebook Anda
Redaksi

Redaksi

Badan Otonom Pers Mahasiswa (BOPM) Wacana merupakan pers mahasiswa yang berdiri di luar kampus dan dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU).